5 Cara iOS & Mac OS X Hindari Kejaran Malware

084433_osappstorexcodebreachDari laporan terakhir yang dikeluarkan Symantec, jumlah ancaman ke Mac OS X meningkat sebesar 15% dibandingkan tahun 2014, sedangkan jumlah ancaman iOS yang ditemukan tahun ini jumlahnya lebih dari dua kali lipat atau 100% lebih.

Perangkat yang di-jailbreak merupakan fokus sebagian besar ancaman dan dari 13 ancaman iOS yang didokumentasikan oleh Symantec sampai saat ini, sembilan di antaranya hanya dapat menginfeksi perangkat di-jailbreak.

Walaupun total jumlah ancaman yang menargetkan perangkat Apple masih cukup rendah dibandingkan dengan ancaman untuk Windows pada desktop dan Android di sektor mobile, pengguna Apple tidak boleh lengah.

Symantec menilai, meskipun jumlahnya masih kecil dari total keseluruhan ancaman, serangan malware pada perangkat Apple dengan sistem OS X dan iOS baru yang ditemukan setiap tahunnya, menunjukkan terjadinya tren peningkatan selama lima tahun terakhir.

Dengan mempertimbangkan tren ini, pengguna Apple tidak bisa berpuas diri tentang keamanan. Kesadaran akan ancaman-ancaman umum dikombinasikan dengan perangkat Apple yang dengan tepat diamankan seharusnya bisa meminimalkan risiko infeksi.

Untuk itu, Symantec pun membagi-bagikan kian untuk tetap aman menggunakan perangkat iOS atau OS X. Berikut tips yang disarankan oleh perusahaan sekuriti jaringan tersebut, sepertiĀ dikutip dari blog mereka, Senin (21/12/2015).

1. Menggunakan rangkaian keamanan yang kuat dan selalu memperbaruinya

2. Menjaga sistem operasi dan semua software yang lain up-to-date. Update software secara teratur termasuk patches untuk kerentanan keamanan yang baru ditemukan yang dapat dieksploitasi oleh penyerang.

3. Jika Anda mempertimbangkan untuk men-jailbreaking perangkat iOS, berhati-hati dan pelajari tentang risiko yang mungkin ada. Sebagian besar ancaman-ancaman iOS menargetkan perangkat jailbroken dan app stores tidak resmi memiliki kecenderungan lebih besar memiliki aplikasi Trojan.

4. Hanya menginstal software dari sumber terpercaya. Beberapa app store OS X pihak ketiga didapati menjadi host software Trojan. Grayware, seperti adware, dan aplikasi yang yang tidak diinginkan atau menyesatkan sering dibundel dengan installer untuk aplikasi lain.

5. Menghapus email mencurigakan yang Anda terima, terutama jika email tersebut mencantumkan link dan/atau lampiran. Jangan pernah membukanya, hapus saja email itu. Jika mereka mengaku berasal dari organisasi yang sah, terlebih dahulu verifikasi organisasi tersebut dengan bertanya kepada mereka.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.