Ninite Mempermudah Anda Menginstall Aplikasi Secara Masal Setelah Install Ulang OS

Terkadang instalasi sebuah program membutuhkan beberapa menit saja. Hal ini tergantung dengan kapasitas harddisk yang digunakan oleh program tersebut. Tapi bagaimana bila Anda harus melakukan instalasi browser, utilitas, office dan lain sebagainya? Instalasi satu persatu tentunya akan membutuhkan banyak waktu bukan? Penulis menemukan salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan software pihak ketiga sebagai alat peng-install dari segala kebutuhan kita terhadap beberapa software tersebut.

Ninite

Ninite merupakan sebuah software yang nantinya akan membantu anda melakukan instalasi secara massal beberapa software kebutuhan Anda. Baik Anda seorang karyawan, pelajar ataupun sekedar belajar komputer, Anda bisa menggunakan ninite. dilihat dari jenisnya, terdapat 3 tipe Ninite yang ditawarkan :

  • Pro, sebagaimana dijelaskan pada halaman resmi ninite, beberapa fitur tambahan akan Anda dapatkan. Salah satu diantaranya adalah Anda bisa melakukan update software komputer dalam satu jaringan.
  • Updater, sebenarnya juga merupakan bagian dari pro tetapi dijual terpisah. Fungsi utama aplikasi ini adalah melakukan update secara real-time dari aplikasi yang terpasang pada komputer Anda.
  • Free, Anda akan mendapatkan installer sesuai dengan pemilihan software.

Kali ini penulis mencoba menggunakan ninite untuk melakukan instalasi software di Linux maupun pada windows. Tidak semua disediakan memang, namun keseluruhan software tersebut gratis.

Linux

Untuk melakukan instalasi massal software linux dengan aplikasi ini, akses menu “linux” yang bisa Anda temui pada pojok kiri laman.

Linux

Langkah selanjutnya adalah memilih software yang akan di install. Pada bagian ini, tidak masalah Anda melakukan centang banyak software, karena file installer akan tetap kecil. Namun proses setelahnya, yaitu instalasi akan banyak menyita bandwidth milik Anda. Hal ini dikarenakan installer tersebut akan menjadi trigger, untuk memicu server melakukan aktifitas nya.

ninite linuz

Pada kesempatan kali ini penulis menggunakan Ubuntu, otomatis file hasil download bertipe .deb akan mengarah pada Ubuntu Software Center. Jika Anda tidak menginginkannya, Anda bisa melakukan instalasi tersebut secara manual dengan menggunakan terminal.

1
sudo dpkg -i /home/user/ninite.deb

Anda bisa menyesuiakan dimana tempat Anda meletakkan file hasil download tersebut.

ninite

Windows

Tidak seperti pada Linux, halaman utama Ninite menyediakan tempat bagi Anda untuk langsung memilih beberapa software kebutuhan Anda. Tersedia beberapa varian software Antara lain browser, utilitas, chatting, media player, file sharing, alat pengembangan, gambar, dokumen serta software lain semacam Evernote, Google Earth dan lainnya.

ListNinite

Seperti yang sebelumnya penulis jelaskan, tidak akan ada masalah berapa banyak software yang Anda centang terhadap kapasitas file installer. Karena installer tersebut merupakan trigger pada server yang akan melakukan segala aktifitas. Melihat hal tersebut otomatis, koneksi internet selalu Anda butuhkan. Apalagi melihat banyaknya aplikasi yang Anda install

Pada Windows 7 dan Windows 8.1 milik penulis tidak terdapat gangguan ketika menggunakan installer ini. Baik error ataupun deteksi malware.

Menurut Penulis, kehadiran aplikasi ini sangat mengefektifkan waktu. Apalagi ketika Anda baru saja selesai melakukan installasi fresh Windows maupun Linux. Selain itu, aplikasi ini juga tidak melakukan pop-up iklan dalam file instalasi misalkan saja toolbar ataupun lainnya. Sementara disisi lain, proses dalam background menjadikan user tidak mengetahui hal apa saja yang telah diinstall. Apakah Anda tertarik mencobanya? atau terdapat aplikasi lain yang lebih mudah?images

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.