Cara Mengaktifkan Offline Browsing di Chrome

Ketika kamu mengunjungi webpage di Chrome, semua resource seperti gambar dan file Javascript, di-download dan otomatis tersimpan dalam cache browser. Ini membuat webpage yang sudah dikunjungi memuat lebih cepat karena browser tidak perlu men-download resource lagi.

Cache juga dapat berguna jika kamu tahu kamu pergi ke tempat yang tidak memiliki koneksi internet. Mode offline Chrome akan menggunakan cache untuk melihat webpage yang sudah pernah kamu kunjungi (dan dicopy ke cache) ketika kamu sedang offline.

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan dan menggunakan Built-in offline mode pada Chrome:

NOTE: Offline Mode diaktifkan di chrome://flags features. Ini adalah fitur eksperimental yang dapat berubah, rusak, atau hilang kapan saja dan dapat mempengaruhi pengalaman browsing kamu. Makanya kamu harus berhati-hati.

1. Ketik chrome://flags/#show-saved-copy di address bar dan tekan “Enter”. Ini akan membawa ke command yang membuat setting Toggling menjadi lebih mudah.

2016-07-28 15_45_02-Photos

 

2. Di bawah “Show Saved Copy Button”, pilih “Enable: Primary” dari daftar dropdown. Pilihan “Enable: Secondary” memiliki fungsi yang sama namun dengan cara yang sedikit berbeda. Kamu bisa menggunakan salah satu darinya.

2016-07-28 15_46_08-Photos

3. Kemudian klik “Relaunch Now”.

2016-07-28 15_47_13-Photos

Sekarang, ketika kamu sedang offline dan mengunjungi sebuah website, webpage tersebut akan dimuat seluruhnya dari copy yang disimpan dalam cache bukan download dari server website. Jadi, jika kamu akan pergi ke tempat tanpa koneksi internet, pastikan untuk mengunjungi website yang ingin diakses saat offline sebelumnya, sehingga segala resource telah disimpan di cache untuk diakses offline.

Ketika kamu mengunjungi website saat offline, kamu akan melihat layar dengan tulisan “This site can’t be reached”. Tampilan dibawah ini muncul apabila kamu memilih option “Enable: Primary” dari daftar drop-down “Show Saved Copy Button” pada page chrome://flags. Perhatikan bahwa tombol “Show saved copy” berwarna biru dan ditampilkan di sebelah kiri tombol “Reload”.

03a_this_site_cant_be_reached_primary

Jika kamu memilih “Enabled: Secondary” di bawah “Show Saved Copy Button”, maka tombol “Show Saved Copy Button” berwarna abu-abu dan di sebelah kanan. Namun, keduanya bekerja dengan cara yang sama.

03b_this_site_cant_be_reached_secondary

Layar ini akan berubah dengan cepat, dan ada satu lagi yang memungkinkan kamu untuk mengakses copy cache dari situs web yang kamu coba kunjungi.  Layar “This site can’t be reached” akan berubah menjadi ” layar  “There is no Internet connection”. Untuk mengakses versi cache dari situs web tersebut, klik tombol “Show saved copy”.

05_clicking_show_saved_copy

Selain Chrome untuk Windows, fitur offline mode juga tersedia di Chrome untuk Mac, Linux, Chrome OS, dan Android, dan bekerja dengan cara yang sama seperti Windows.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.