Cara memindahkan Email Antara Tab Inbox Tab di Gmail

Sistem tab inbox di Gmail adalah cara yang berguna untuk mengatur email kamu ke dalam kategori.

Google memperkenalkan sistem tab inbox pada tahun 2013 dan jutaan orang mendapat inbox baru di mana semua email secara otomatis diurutkan ke dalam kategori standar seperti “Primary”, “Social”, dan “Promotions”. Namun terkadang kamu bisa mendapatkan email muncul di tab yang salah.

Tidak ada pilihan filter untuk tab inbox. Namun, kamu dapat memindahkan email antara tab menggunakan interface web Gmail (namun ini tidak bisa dilakukan dari mobile apps). Cukup menggunakan fungsi drag dan drop email kamu.

Untuk memindahkan email antara tab inbox, cari email yang mau kamu recategorize. Kamu bisa memindahkan satu per satu atau, kamu juga bisa memilih beberapa email sekaligus dan memindahkan seluruh kelompok. Sebagai contoh berikut, berikut ini cara memindahkan email dari tab “promotions” ke tab “primary”:

1. Klik dan hold pada email yang mau kamu pindahkan. Drag email yang dipilih ke arah tab baru yang mau dipindahkan. Lepaskan tombol mouse untuk relokasi email ke dalam kategori baru.

2016-07-28 16_40_28-Photos

2. Kamu akan menerima notifikasi, seperti di bawah ini, bahwa email telah dipindahkan ke tab baru (Kamu bisa membatalkan dengan mengklik “undo” jika kamu memasukkan ke tab yang salah). Kamu juga akan melihat prompt “Do this for future messages from…”; klik “Yes” agar untuk ke selanjutnya Gmail secara otomatis menyortir semua pesan dari pengirim ke tab baru tersebut.

2016-07-28 16_41_52-Photos

3. Setelah klik “Yes”, kamu akan menerima pesan konfirmasi “Future messages from [address] will be moved to [new tab]”.

2016-07-28 16_43_18-Photos

4. Jika kamu ingin membalikkan proses tersebut, cari email yang tadi di tab baru dan ulangi proses untuk kembali ke tab lama, kemudian konfirmasi bahwa kamu ingin pesan selanjutnya dikirim ke pemilihan tab baru.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.