Cara Membuka Halaman Web Tertentu Secara Otomatis Ketika Kamu Membuka Browser

Jika kamu memiliki halaman web tertentu yang selalu kamu buka setiap kali membuka browser, kamu bisa men-setting agar halaman tersebut selalu terbuka secara otomatis saat kamu membuka browser, ini juga dapet menghemat waktu kamu.

Sebagai contoh disini, saya akan menggunakan Kompiku.info dan Google’s advanced search yang akan muncul secara otomatis setiap kali membuka browser.

Chrome

1. Buka Chrome dan buka tab baru, kemudian kunjungi halaman web yang mau kamu set untuk terbuka secara otomatis ketika kamu membuka browser. Klik tombol menu Chrome di sudut kanan atas dan pilih “Settings” dari menu drop-down.

2016-09-07 16_22_25-Photos

2. Layar settings akan terbuka pada tab baru. Pada bagian startup On, pilih opsi “Open a specific page or set of pages” dan kemudian klik link “Set pages”.

2016-09-07 16_23_44-Photos

3. Pada kotak dialog halaman Startup, klik “Use current pages”.

2016-09-07 16_24_28-Photos

4. Semua halaman web yang terbuka di browser kamu akan (kecuali untuk tab Settings) tercantum di dalam daftar. Jika kamu mau menambahkan halaman web lain, ketik URL link di kotak “Add a new page” dan tekan Enter. Klik “OK” setelah selesai.

2016-09-07 16_25_51-Photos

5. Untuk menghapus halaman web dari daftar, gerakkan mouse di atas halaman web dan klik tombol “X” di sebelah kanan.

2016-09-07 16_26_48-Photos

Tutup tab Settings dengan klik tombol X “di sisi kanan tab atau tekan Ctrl + W pada keyboard.

 

Firefox

1. Buka Firefox dan buka tab baru, kemudian kunjungi halaman web yang mau kamu set untuk terbuka secara otomatis ketika kamu membuka browser. Klik tombol menu Firefox di sudut kanan atas dan pilih “Options” dari menu drop-down.

2016-09-07 16_28_50-Photos

2. Pilih tab “General” dan kemudian pilih “Show my home page” dari daftar drop-down”When Firefox starts”.

2016-09-07 16_29_48-Photos

3. Di bawah kotak Home page, klik “Use Current Pages”.

2016-09-07 16_30_43-Photos

4.  Semua halaman web yang terbuka di browser kamu akan (kecuali untuk tab Opstions) tercantum di dalam kotak home page, dipisahkan oleh garis vertikal. Untuk menutup tab Options, klik tombol “X” di sisi kanan tab atau tekan Ctrl + W pada keyboard.

2016-09-07 16_32_38-Photos

5. Untuk menghapus halaman web dari kotak Home page, pilih URL halaman web berikut dengan bar vertikal di sebelah kanan atau kiri dari URL itu dan hapus semuanya.

 

Opera

1. Buka Opera dan buka tab baru, kemudian kunjungi halaman web yang mau kamu set untuk terbuka secara otomatis ketika kamu membuka browser. Kemudian, klik tombol Menu di pojok kiri atas dan pilih “Settings” dari menu drop-down. Kamu juga bisatekan Alt + P untuk membuka Settings.

2. Layar Settings akan terbuka pada tab baru. Pilih tab “Basic” dan kemudian pilih “Open a specific page or set of pages” dan klik link “Set pages”.

3. Pada kotak dialog halaman Startup, klik “Use current pages”.

4. Semua halaman web yang terbuka di browser kamu akan (kecuali untuk tab Opstions) terdaftar di kotak dialog halaman Startup. Jika kamu mau menambahkan halaman web lain, ketik URL web di kotak “Add a new page” dan tekan Enter. Klik “OK” setelah selesai.

5. Untuk menghapus halaman web dari daftar, pindahkan mouse ke daftar halaman web dan klik tombol “X” di sebelah kanan.

Tutup tab Settings dengan klik tombol X “di sisi kanan tab atau tekan Ctrl + W pada keyboard.

 

Internet Explorer

1. Buka Internet explorer dan buka tab baru, kemudian kunjungi halaman web yang mau kamu set untuk terbuka secara otomatis ketika kamu membuka browser. Kemudian, klik tombol gear di sudut kanan atas dan pilih “Internet options” dari menu drop-down.

2. Pada kotak dialog Internet Options, pastikan “Start with home page” dipilih di bagian Startup. Kemudian, klik “Use current” di bagian Home page.

3. Setiap URL akan muncul pada baris terpisah dalam kotak Home page. Klik “OK” untuk mengganti perubahan ini.

4. Untuk menghapus halaman web dari kotak Home page, pilih URL web dan hapus.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.