Cara Download File dan Web Page langsung ke Google Drive di Chrome

Biasanya orang akan men-download file dari web ke komputer. Namun, jika kamu lebih suka men-download file langsung ke account Google Drive, kamu bisa melakukannya dengan extension Google Chrome.

Google’s Save to Google Drive extension memudahkan kamu untuk langsung menyimpan file yang didownload ke account Google Drive, serta menyimpan  web page ke Google Drive dalam gambar, file HTML, atau bahkan Google documents. Jika kamu menggunakan apps Google Drive di desktop, kamu bisa menyimpan file yang didownload langsung ke folder Google Drive lokal dan file tersebut akan diupload ke account Google Drive kamu secara otomatis. Google Drive extension ini juga berguna Jika kamu menggunakan Ubuntu Linux.

NOTE: extension save to Google Drive ini akan menyimpan file ke account Google yang kamu sign ini ke Chrome. Jadi, gantilah ke profil Google Chrome yang sesuai dengan account Google Drive kamu.

Install dan  Set Up the Extension Save to Google Drive 

Untuk menginstal extension, masuk ke halaman extension Save to Google Drive di Chrome dan klik “Add to Chrome”.

2017-01-11-16_10_52-new-notification

Sebuah kotak dialog konfirmasi akan muncul dengan menanyakan apakah kamu ingin menambahkan Save to Google Drive. Klik “Add extension”.

02_clicking_add_extension_dialog

Sebuah tombol untuk extension Save to Google Drive akan ditambahkan ke toolbar di sebelah kanan address bar.

2017-01-11-16_12_29

Sebelum menggunakan extension ini, kamu perlu mengatur optionnya. Untuk melakukan ini, klik kanan pada tombol Save to Google Drive di toolbar dan pilih “Options” dari menu popup.

2017-01-11-16_14_15

Secara default, extension diatur untuk menyimpan file ke folder utama My Drive di account Google Drive kamu. Untuk mengubah ini, klik “Change destination folder” dalam bagian Save to Folder.

2017-01-11-16_15_29-save-to-google-drive-options

Pada kotak dialog Select a Save to Folder , arahkan dan pilih folder yang kamu inginkan untuk menyimpan file secara default dan klik “Select”.

NOTE: Kamu masih bisa mengubah Save to Folder untuk setiap file yang kamu simpan ke Google Drive.

2017-01-11-16_19_38-new-notification

Extension Save to Google Drive juga bisa menyimpan web page sebagai image dari seluruh halaman (default), image dari halaman yang terlihat, sumber HTML, web archieve (MHTML), atau bahkan sebagai Google Document. Pada bagian halaman HTML, pilih format yang kamu ingin gunakan saat menyimpan web page. Jika kamu men-download file Microsoft Office atau file comma-separated, kamu bisa mengkonversi file ke format Google Docs secara otomatis , dengan mencentang kotak “Convert saved link to Google editor format”.

2017-01-11-16_21_26-save-to-google-drive-options

Setelah selesai, klik “X” untuk menutup.

Download File Langsung ke Google Drive

Untuk menyimpan file download ke account Google Drive kamu, klik kanan pada link download dan pilih “Save Link to Google Drive” dari menu popup.

2017-01-11-16_22_17-kompiku-info-_-tutorial-berita-dan-tanya-jawab-seputar-it

Pertama kali kamu menyimpan file atau webpage ke Google Drive dengan extension, akan muncul sebuah kotak dialog yang meminta kamu untuk mengizinkan extension untuk mengakses dan menggunakan informasi yang tercantum. Klik “Allow”.

Dialog box Save to Google Drive akan muncul dan file yang didownload akan disimpan ke My Drive ataupun folder default yang kamu pilih sebelumnya di Google Drive kamu.

Kamu juga bisa mengubah nama file yang didownload dengan mengklik “Rename”.

2017-01-11-16_23_55-edit-post-kompiku-info-wordpress

Ganti nama file di kotak Rename dan klik “Apply”.

Klik “Close” untuk menutup dan file webpage tersebut telah disimpan ke account Google Drive kamu.

Save Webpage langsung ke Google Drive

Untuk menyimpan webpage ke account Google Drive kamu dalam format yang kamu pilih pada halaman Options, klik tombol “Save to Google Drive” pada toolbar.

2017-01-11-16_28_05

Image webpage, HTML, ataupun file Document Google akan diupload ke Google Drive kamu.

Setelah file diupload, kamu bisa mengklik “Rename” jika ingin mengubah nama file.

Ubah nama file dalam kotak Rename dan klik “Apply”.

Kamu bisa mengubah lokasi di mana file tersebut akan disimpan di account Google Drive dengan mengklik link “(change)” , yang membuka tab Options lagi. Jika Anda mengklik “(Change)”, kotak dialog Save to Google Drive akan menutup secara otomatis. Jika kamu tidak ingin mengubah lokasi, klik “Close”.

File webpage telah selesai disimpan ke account Google Drive kamu.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.