5 alasan mengapa Ubuntu phone tidak akan pernah bisa mangalahkan Android

Seperti kita tau bahwa belakangan ada kabar menggembirakan dari Ubuntu, mereka mengeluarkan Smartphone dengan OS Base Ubuntu, Ubuntu Phone. Tapi, setelah saya menganalisa dari berbagai sumber, berikut ini adalah hasil review saya pribadi. Ubuntu Phone Vs. Android OS. Topik yang menarik bukan? :)

Beberapa minggu lalu kita sangat terkejut mengenai 5 alasan mengapa Ubuntu Phone bisa mengalahkan Android. Tapi apa benar? Nah, saya tidak berpikir secara personal. Saya akan memberikan 5 alasan mengapa Ubuntu bisa sangat sukses besar. Sudah waktunya menyalakan obor dan melihat untuk potensi jebakan yang dapat merusak Ubuntu Phone OS sebelum tirai tergulung.

1. Name is Game

Tidak bermaksud offensive, Tapi Anda keliru jika menyebut Ubuntu sebagai brand yang lemah. Menyebutnya lemah adalah isu yang berbeda namun, ketika kita berbicara tentang OS Robot Hijau atau OS yang rapuh atau OS yang memiliki fitur terlalu berlebihan yang diawali dengan “i” kita berbicara tentang nama-nama besar. Google, Microsoft, dan Apple. Dimana Ubuntu lebih tepatnya sedang berdiri melawan mereka? Jika jawaban anda adalah tidak satupun maka anda dan saya, kita berpikir sama. Lelucon menjadi terpisah, Siapa yang mau melawan Ubuntu Phone? Saya bisa melihat beberapa pihak dari ribuan. Ketika Ubuntu keluar kepada para developers, tidak akan sehebat Google pastinya. Google telah disebut dewa di internet dan benar sehingga karena setiap kali anda lupa kunci mobil anda, secara diam-diam atau terang-terangan anda berharap Google dapat membantu anda! 😀

2. Java – the not-so-nice but at least a cup of coffee!

Saat anda membahas Java, Anda berbicara tentang massa. Bahasa seperti C# dan Java membawa penawaran yang unik ke meja orang yang cukup malas untuk tidak memahami mesin secara detail yang bisa membuat program juga! Yang akan mencakup banyak bahasa lain juga, tapi keduanya adalah yang paling menonjol. Fitur ini (tidak harus berurusan dengan rincian mesin) membantu lebih banyak orang untuk menulis aplikasi berbasis C++. Hal ini menyebabkan lebih banyak orang belajar Java dan C# daripada C atau C++.

Karena Java digunakan untuk aplikasi program Andoid, itu diterjemahkan kedalam sumber daya manusia untuk men-develop aplikasi Android. Untuk Ubuntu, C++, meskipun meningkatkan kinerja platform, dapat membuktikan bahwa ini merugikan! Satu-satunya OS lain yang anda akan hadapi dalam sesuatu seperti C adalah iOS dan salah satu yang memiliki fitur berikut. Tidak terjadi pada Ubuntu, namun API HTML5 dapat mendorong development karena tampaknya lebih banyak pengembang HTML5 daripada pengembang C atau C++. Tapi, Chrome sekarang tersedia di Android dan itu hanya masalah waktu sebelum Android mendapat API HTML. Hasilnya, Ubuntu tidak memiliki keuntungan yang solid dalam jangka panjang.

3. Corporate Backup, because money matters

Yang paling sulit adalah memulai dengan baik, dan naik dengan baik. Tidak perduli seberapa kuat Ubuntu, secara teknis akan menjadi pembukaan kategori baru didalam pasar. Sepertinya akan ada jumlah aplikasi yang rendah. Aplikasi berkembang seiring jumlah pengguna dan pengguna datang ke sebuah platform yang memiliki aplikasi yang menarik, seperti lingkaran setan bagi pendatang baru, Anda lihat! Dalam beberapa kali kita telah melihat Microsoft menginvestasikan jutaan untuk membuat jalan bagi Windows 8 Mobile. Windows 8 mungkin baik untuk laptop dan PC, tetapi segmen mobil Microsoft masih belum mampu untuk mendapatkan posisi yang menantang di pasar.

Namun, Microsoft baru-baru ini menaikan kontribusi mereka dengan menciptakan kompetisi bagi pelajar untuk menciptakan aplikasi ponsel semacamnya. Disisi lain, iOS dan Android akan kuat. Tidak hanya itu, ada bisnis lain diatas platform ini. Ada juga perusahaan-perusahaan yang besar maupun kecil yang menjual aplikasi Android dan iOS untuk klien mereka. Orang-orang yang bekerja di perusahaan-perusahaan telah memperoleh pengalaman pada setiap platform dan itu akan memakan waktu, usaha, pengaruh yang cukup besar untuk memindahkan massa menuju Ubuntu Phone. Rantai pasokan permintaan telah memberikan kecepatan untuk Android dan bekerja untuk mendukungnya. Memperlambatnya bukanlah tugas yang mudah, saya percaya! Menjaga semua itu dalam log book dan membaca lagi membuat orang hanya merasa…posisi Ubuntu Phone tidak begitu menjanjikan.

 4. A stupid developer preview

Tidak mungkin ada yang bisa terluka seperti halnya kebodohan. Setelah membuat kita terkejut selama berminggu-minggu, Ubuntu akhirnya merelease Developer Preview nya. Dan ketika itu keluar, apa yang terlihat? Terlalu dini untuk tampak seperti April-Mop. Menu yang statis, telepon tidak bekerja seperti seharusnya, tidak ada WiFi, ada Bluetooth tapi tidak ada dukungan headphone. Apa-apaan ini? Apa Ubuntu sedang bercanda? Mestinya tidak seperti ini jika ingin sejajar dengan para pemenang karena jika developer tidak menyukai apa yang kita sebut sebagai Developer Preview, maka akan kekurangan pada aplikasi untuk waktu yang lama, dan waktu sendirilah yang akan cukup untuk menenggalamkan platform ini.

Semua video di internet menjanjikan banyak manfaat dan aplikasi yang terlihat keren dan layanan bla bla bla… Apa yang keluar tidak cukup bagus. Hanya segelintir perangkat perhubungan. Cara kita memandang, Ubuntu tidak memukul dirinya dengan keras dengan kapaknya sendiri. Hanya memberikan kulit luar tanpa kacang didalamnya? Untuk Developer Preview version, segalanya harus terlihat mencukupi agar menarik perhatian pasar. Android tidak memulai dengan cara seperti ini, begitu juga Windows Phone, bahkan iOS pun tidak.

5. Desktop apps and transforming to a PC – not that noble, not that easy

Untuk mentransformasikan aplikasi Desktop / PC kedalam sebuah ponsel sepertinya memang sulit, tidak jarang aplikasi yang berjalan baik di Desktop akan menjadi buruk ketika berjalan didalam sebuah ponsel karena device nya tidak memadai.
Pada akhirnya, seberapa sulit bagi Google untuk menambahkan fitur yang Codebase dan stabil kedalam Android? Bahkan perusahaan besar yang memiliki lingkaran bakatpun cukup kesulitan. Jadi apa keuntungan jika memilih Ubuntu? Sepertinya tidak ada. Apakah Ubuntu Phone bisa mengalahkan Android? Rasanya saat ini Ubuntu belum memberikan sesuatu yang lebih daripada Android. Jadi jawabannya adalah…tentu tidak sekarang!

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.