Sync Bookmarks Di Setiap Browser Dengan iPad atau iPhone

Apple membuat mudah untuk sinkronisasi bookmark antara browser Safari di Mac dan browser Safari di iOS, tetapi kamu tidak harus menggunakan Safari – atau Mac – untuk melakukan sinkronisasi bookmark tersebut.

Kamu bisa melakukan ini dengan browser apapun. Apakah kamu menggunakan Chrome, Firefox, atau bahkan Internet Explorer, ada cara untuk sinkronisasi bookmark browser sehingga kamu bisa mengakses bookmark yang sama pada iPad kamu.

Safari pada Mac

layanan iCloud Apple adalah cara resmi untuk melakukan sinkronisasi data dengan iPad atau iPhone. Ini termasuk pada Mac, tetapi Apple juga menawarkan fitur syncing iCloud bookmark yang serupa untuk Windows.

Pada Mac, fitur ini sudah diaktifkan secara default. Untuk memeriksa apakah telah diaktifkan, masuk ke panel System Preferences pada Mac, buka iCloud preferences panel, dan pastikan pilihan Safari dicentang.

Internet Explorer, Firefox, atau Chrome melalui iCloud

Untuk memulai, download aplikasi Apple’s iCloud Control Panel untuk Windows. Buka aplikasi tersebut dan login dengan akun iCloud yang sama (Apple ID) yang digunakan pada iPad atau iPhone.

Kamu bisa mengaktifkan Bookmark sinkronisasi dengan Internet Explorer, Firefox, atau Chrome. Klik tombol Options untuk memilih browser yang mau kamu sinkronisasi bookmark. (Perhatikan bahwa bookmark disebut “favorites” di Internet Explorer.)

648x401xicloud-bookmark-sync-on-windows

Kamu bisa mengakses bookmark yang telah disinkronkan di browser Safari pada iPad atau iPhone, dan mereka akan melakukan sinkronisasi secara otomatis melalui Internet.

Sinkronisasi Google Chrome

Google Chrome juga memiliki fitur sinkronisasi built-in dan Google menyediakan aplikasi Chrome resmi untuk iPad dan iPhone. Jika kamu pengguna Chrome, kamu bisa mengatur Chrome Sync pada versi desktop Chrome (secara default fitur ini sudah diaktifkan ini jika kamu login ke browser Chrome).

Kamu bisa memeriksa apakah Sync Chrome telah diaktifkan dengan membuka layar settings Chrome dan lihat apakah kamu telah signed in. Klik tombol Advanced sync settings dan pastikan bookmark syncing telah diaktifkan.

650x338xchrome-sync-options

Setelah kamu selesai mengatur Chrome Sync, kamu bisa dapat instal aplikasi Chrome dari App Store dan sign ini dengan akun Google yang sama. Bookmark, serta data lain seperti tab browser yang terbuka, akan sinkron secara otomatis.

Ini bisa menjadi solusi yang lebih baik karena browser Chrome tersedia untuk begitu banyak platform dan kamu mendapatkan kemampuan untuk melakukan sinkronisasi data browser lainnya, seperti tab browser yang terbuka antara perangkat kamu. Sayangnya, browser Chrome lebih lambat dari Safari browser Apple pada iPad dan iPhone karena Apple membatasi browser pihak ketiga.

Manual Bookmark Sync di iTunes

Kamu juga bisa melakukan inkronisasi bookmark antara komputer dan iPad atau iPhone melalui iTunes. Tapi kamu harus memulai sinkronisasi manual dengan cara connect perangkat kamu melalui USB. Untuk mengakses pilihan ini, hubungkan perangkat kamu ke komputer, pilih perangkat di iTunes, dan klik tab Info.

650x317xitunes-bookmark-sync

Ini adalah cara yang lebih kuno untuk sinkronisasi bookmark. Fitur ini mungkin berguna jika kamu hanya ingin membuat copy bookmark dari PC sekali saja, tapi cara ini sangat tidak ideal untuk sinkronisasi biasa.

Setelah kamu mengatur bookmark syncing via iCloud atau Chrome Sync, bookmark akan lamgsung disinkronkan setelah kamu save, delet, atau edit.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.