Mengapa Safari, Camera, FaceTime, atau App Store Hilang dari Home Screen?

Jika aplikasi tidak muncul di lhome screen, bisa jadi kamu baru saja menghapus aplikasi tersebut. Tetapi jika aplikasi pre-bundled yang hilang, mungkin ada beberapa penyebab. Berikut adalah bagaimana kamu bisa mengembalikan setiap aplikasi bawaan yang hilang dari perangkat kamu.

Pertama-tama, jika sebuah aplikasi tampaknya hilang dari home screen, pastikan kamu tidak menyelipkan aplikasi tersebut ke dalam sebuah folder.

Namun, jika kamu sudah mencari dan tidak dapat menemukannya, mungkin ada sesuatu yang lain. Ada berbagai jenis aplikasi pada ponsel, dan mereka bisa hilang untuk alasan yang berbeda.

  • Third-party apps adalah aplikasi yang kamu download dari App Store, yang tidak datang secara default. Jika aplikasi ini hilang, kamu mungkin telah menghapus mereka tanpa menyadarinya. Dalam beberapa kasus, Third-party apps bisa hilang karena alasan lain, apabila terjadi, kamu bisa uninstall kemudian instal ulang dari App Store.
  • First-party removable apps adalah aplikasi yang datang dengan iPhone kamu yang bisa kamu hapus dari home screen, asalkan kamu menjalankan iOS 10. Sama seperti aplikasi lainnya, kamu bisa menekan dan hold di atasnya dan tekan X untuk delete. Aplikasi ini termasuk Calculator,  Music, Calendar, News, Compass, Notes, Contacts, Podcasts, FaceTime, Reminders, Find My Friends, Stocks, Home, Tips, iBooks, Videos, iCloud Drive, Voice Memos, iTunes Store, Watch, Mail, Weather, dan Maps. Jika salah satu dari aplikasi ini hilang, kamu bisa mencarinya di App Store dan instal kembali.
  • First-party non-removable apps termasuk App Store, Health, Photos, Settings, Phone, Safari, Messages, Camera, Clock, Activity, Find iPhone, dan Wallet. Aplikasi ini datang dengan iPhone, dan kamu tidak bisa menghapus mereka dari home screen. Jika salah satu dari aplikasi ini hilang, kemungkinan mereka msuk dalam area “Restrictions”, yang dirancang agar orang tua bisa memblokir fitur tertentu dari anak-anak.

Dua kategori pertama sangat sederhana. Jika sebuah aplikasi hilang, kamu cukup menginstal ulang dari App Store. Tapi bagaimana jika aplikasi non-App Store, atau bahkan App Store sendiri yang hilang? Kategori ketiga ini lebih sulit, berikut cara untuk mengembalikan First-party non-removable apps yang hilang dari home screen:

1. Untuk memeriksa area “Restrictions”, buka Settings, lalu tab “General” dan kemudian “Restrictions”.

img_581f8c41b2784

2. Masukkan passcode untuk mengakses “Restrictions”.

img_581f877f6dce4

3. Setelah kamu mengakses “Restrictions”, kamu bisa melihat aplikasi apa yang telah dimatikan. Sebagai contoh, di sini Safari, Camera, FaceTime, iTunes Store, dan Podcast telah dinonaktifkan.

img_581f87f0c38cd

4.  Jika kamu kehilangan App Store, itu karena “Installing Apps” telah dinonaktifkan. Jika kamu tidak bisa menghapus aplikasi dari home screen, itu karena “Deleting Apps” telah dinonaktifkan, dan tentu saja, jika kamu tidak bisa menyelesaikan pembelian dalam aplikasi, itu karena “In-app purchases” telah dinonaktifkan.

img_5820bdf626f8a

Jika salah satu dari aplikasi ini dibatasi, cukup flip switch kembali menjadi On. Setelah kamu melakukan ini, aplikasi tersebut akan muncul kembali di home screen.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.