iPhone FU vs iPhone SU

unduhan (2)
iPhone FU (Factory Unlock):

* iPhone yang bisa dicolok SIM card apa aja langsung tanpa proses unlock, karena iPhone jenis ini udah diunlock langsung dari pabrik.
* Keuntungan iPhone FU adalah bisa langsung dipakai tanpa harus menunggu unlock tools dulu.
* Keuntungan lain iPhone FU adalah Push Notificationnya berjalan lebih sempurna.

iPhone SU (Software Unlock):

* iPhone yang agar bisa dipakai dengan SIM card Indonesia harus melalui proses unlock, karena iPhone jenis ini locked ke carrier negara asal.
* Keuntungan iPhone SU adalah harganya yang lebih terjangkau daripada iPhone jenis FU.

Bagaimana membedakan iPhone FU dan SU?

Kalau berencana keluar negeri dan membeli iPhone di sana, cek dulu apakah negara itu menjual iPhone FU atau SU.
Lihat link di bawah, bagian kolom Locked to carrier, kalau dicentang berarti iPhone negara itu SU, kalau tidak berarti FU.

Code:
http://support.apple.com/kb/HT1937

Cek model number iPhone (Setting > General > About > Model) dan bandingkan dengan list model number iPhone FU

Mana yang sebaiknya dibeli, iPhone FU atau iPhone SU?

* Kalau punya budget cukup, disarankan membeli iPhone FU agar tidak kesulitan dalam update firmware berikutnya, karena makin ke depan Apple semakin memperkuat proteksi iPhone.
* Kalau budget hanya cukup untuk membeli iPhone SU, tidak masalah, TAPI harus memperhatikan firmware yang dipakai iPhone SU tersebut dan terus memantau perkembangan unlock tools yang tersedia. Jangan sembarang mengupdate firmware!

Tips membeli iPhone selain memperhatikan FU – SU

# Pastikan iPhone yang mau dibeli itu adalah Apple iPhone, bukan iPhone replika. Apple iPhone tidak punya fasilitas dual SIM card, TV, dan Bluetooth yang bisa terhubung dengan handset lainnya. Kalau ada yang menawarkan kelebihan itu di iPhonenya, bisa dipastikan itu iPhone replika.
# Cara lain mengecek iPhone replika/tidak dengan mencoba layar sentuhnya, layar Apple iPhone yang asli tidak responsif bila hanya ditekan menggunakan kuku. Kalau bisa menggunakan kuku, bisa dipastikan itu iPhone replika.
# Cek firmware yang digunakan (Settings > General > About > Version). Tanyakan apakah versi itu sudah bisa diunlock (khusus iPhone SU) atau dijailbreak (khusus yang mau menjailbreak iPhonenya).
# Cek kelengkapan standar, kualitas layar (ada deadpixel/tidak), tombol Home berfungsi/tidak, suara speaker (speaker iPhone hanya 1 sisi, sebelah kiri, sedangkan sebelah kanan adalah mic), Accelerometer sensor, dsb.
# Last but not least, pastikan anda membawa dompet waktu mau transaksi beli iPhone

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.