Cara Transfer Bookmarks dari Safari ke Chrome di iOS

Langkah Pertama: Sync Safari dengan iCloud

1. Dalam pengaturan iCloud, pastikan “Safari” diaktifkan.Langkah pertama untuk transfer bookmark ke Chrome yaitu kamu harus sync bookmarks ke desktop komputer . Untuk itu, kamu bisa menggunakan iCloud. Buka aplikasi Settings dan tekan “iCloud.”

stc_1

2. Dalam settings iCloud, pastikan “Safari” diaktifkan.

stc_2

3. Jika kamu baru mengaktifkan untuk pertama kalinya, Safari akan sinkron dengan akun iCloud kamu dalam beberapa menit.

Langkah Kedua (Windows Only): Impor Bookmark ke Internet Explorer di Komputer Kamu

Langkah berikutnya adalah impor bookmark ke Chrome di desktop komputer kamu.

Jika kamu menggunakan OS X, maka kamu boleh skip step kedua ini, danlangsung ke step ketiga. Tapi di Windows, kamu harus mengambil langkah ekstra karena tidak ada versi Safari untuk Windows.

1. Pengguna Windows harus menginstal iCloud untuk Windows dan Chrome untuk Windows jika belum ada. Setelah terinstal dan sign in, buka aplikasi “iCloud”.

stc_3

2. Pada window utama iCloud, klik centang pada kotak “Bookmark”.

stc_4-650x496

3. Pada window Bookmarks Options, web browser default kamu akan terpilih. Kamu juga bisa memilih browser tambahan jika ingin menyinkronkan bookmark Safari kamu dengan browser yang lain.

stc_5-1

4. Jika kamu ingin menjaga bookmark tetap disinkronkan antara desktop dan iOS, pilihlah browser yang kamu gunakan pada desktop. Namun ini akan menggabungkan bookmark antara browser. Jika kamu hanya ingin melakukan sekali transfer saja, maka pilih browser yang jarang kamu gunakan secara teratur untuk melakukan sinkronisasi dengan Safari untuk iOS.

Disini saya akan sync dengan Internet Explorer terlebih dahulu. Kemudian baru melakukan transfer bookmark dari Internet Explorer ke dalam Chrome, dan kemudian dari chorme desktop bari disinkron ke Chrome untuk iOS. Alsan mengambil langkah ekstra ini untuk mencegah bookmark Chrome yang ada sebelumnya tergabung ke Safari dan berpotensi membuat kekacauan.

5. Apa pun yang kamu pilih, klik Apply pada window utama iCloud untuk membuat sinkronisasi baru terjadi.

6. Ketika ditanya apakah kamu ingin menggabungkan bookmark, klik tombol “Merge”.

stc_6

Langkah Ketiga: Impor Bookmark Ke Desktop Versi Chrome

Sekarang, kamu harus mengimpor bookmark ke Chrome, dari Internet Explorer (Windows) atau Safari (Mac).

1. Klik menu Tools pada chrome dan pilih Bookmarks> Impor Bookmark and Settings.

stc_7

2. Di halaman settings, pilih “Microsoft Internet Explorer” (atau Safari, jika kamu pengguna Mac) dari menu drop-down, pilih item yang mau kamu impor, dan kemudian klik tombol “Import”.

stc_8

Langkah Keempat: Sync Chrome Antara Desktop Komputer dengan iOS

1. Pada desktop komputer, klik tombol Tools pada toolbar Chrome dan kemudian pilih Settings dari menu. Pada halaman settings, klik ““Sign in to Chrome” dan kemudian sign in.

stc_9

2. Setelah sign in, Chrome secara otomatis akan memulai sinkronisasi bookmark dan setting lainnya ke server Google. Secara default, Chrome akan sinkronisasi segala sesuatu, termasuk bookmark, password, extension, setting, dan banyak lagi. Kamu bisa mengontrol apa yang akan disinkronkan dengan mengklik “Advanced sync settings” pada halaman utama settings dan kemudian pilih apa yang kamu kamu sinkronisasi.

stc_10

3. Berikutnya, kamu akan melakukan hal yang sama di Chrome untuk iOS. Buka aplikasi Chrome, tekan tombol Tools, dan kemudian pilih “Settings.”

stc_11

4. Pada halaman Settings , tekan “Sign in to Chrome”.

stc_12

5. Kemudian sign in. Untuk menyinkronkan semuanya, tekan tombol “Ok, Got It” untuk memulai proses sinkronisasi. Jika kamu ingin memilih apa yang akan disinkronkan, tekan link “Settings”.

stc_13

6. Jika kamu memilih “Settings” untuk mengontrol apa yang akan disinkronkan, kamu akan melihat layar settings tambahan. Tekan tombol “Sync”.

stc_14

7. Pada halaman Sync, pilih settings apa yang mau kamu sinkronkan dan kemudian tekan “Done” untuk memulai proses sinkronisasi.

stc_15

Dan selesai!

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.