Cara Reset Widget Pada Lock Screen di iOS 10

Banyak perubahan yang dilakukan pada iOS 10. Pertama, fitur swipe-to-unlock dari iOS telah hilang. Sekarang jika kamu ingin membuka kunci ponsel, kamu harus menekan tombol home untuk kedua kalinya, menggunakan TouchID, atau masukkan pin kamu.

Kedua, jika kamu menggeser ke kanan dalam gerakan unlocking motion, tidak akan membuka ponsel, melainkan kamu akan disambut dengan layar widget iOS 10 (yang sebelumnya di iOS 9, cara untuk mengakses widget ini adalah dari notification drawer setelah smartphone unlocked).

Jika kamu tidak terlalu peduli tentang widget iOS sebelumnya, di iOS 10 ini adalah saatnya kamu mulai memperhatikan widget ini. Kamu bisa menggunakan widget dengan aplikasi inti iOS maupun dengan aplikasi pihak ketiga yang mendukung widget.

Cara Akses dan Mengedit Lock Screen Widget Kamu

Kamu bisa mengakses dan mengedit lock screen  widget dengan dua cara: pertama, dari notification drawer saat smartphone kamu terkunci, atau langsung dari lock screen.

1. Tekan tombol power untuk membangunkan smartphone kamu. Geser ke kanan di lock screen.

ximg_57d86fe671bc8

2. Ini akan membuka lock screen widget. Kamu akan melihat tampilan dari widget seperti gambar di bawah ini.

ximg_57d8705244fdf

3. Scroll ke bagian bawah panel widget sampai kamu  melihat ikon kecil “Edit”. Klik ikon tersebut.

ximg_57d8721a28f73

4. Dalam daftar “Add Widget” yang muncul, kamu akan melihat semua widget yang sedang aktif di bagian atas, kemudian di bawah adalah daftar semua widget yang tersedia. Di sisi kiri dari setiap widget yang aktif ada ikon delete yang bermerah dan di sebelah kanan kamu akan melihat ikon tiga bar yang berfungsi untuk menggeser entri dan menyusun ulang daftar.

ximg_57d87335106ae

5. Mulailah menghapus entri yang tidak kita butuhkan. Pilih entri yang tidak dibutuhkan dan tekan ikon delete merah, kemudian konfirmasi penghapusan dengan menekan “Remove”. Jika kamu berubah pikiran, kamu masih bisa memilih widget yang dihapus dari daftar widget yang tidak terpakai di bagian bawah.

ximg_57d874c0da26e

6. Setelah selesai, pilih ikon “+” yang berwarna hijau di samping widget apapun yang mau kamu tambahkan ke lock screen.

ximg_57d87627b6376

7. Setelah kamu memilih beberapa widget, scroll kembali ke atas dan klik ikon tiga bar untuk mengatur posisi widget satu per satu sesuai yang kamu mau.

ximg_57d8768301cf4

Dan selesai!

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.