Cara Recover File , Kontak, Kalender, dan Foto Yang Telah Dihapus Dari iCloud

Apple iCloud sekarang memungkinkan kamu untuk membatalkan penghapusan file yang telah dihapus dari iCloud Drive, mengembalikan foto baru-baru ini dihapus, dan kembali kontak dan kalender seperti sebelumnya. Jika kamu tidak sengaja menghapus sesuatu, kamu masih bisa recover data tersebut.

Data juga bisa disimpan di tempat lain. Misalnya, jika kamu menyinkronkan kontak iPhone dengan Gmail, kau bisa recover kontak dari dalam Gmail.

Restore Files, Contacts dan Calenders dari Wbsite iCloud

Apple kini memungkinkan user untuk restore file , kontak, dan kalender dari iCloud Drive. Namun, kamu harus masuk ke website iCloud untuk melakukannya. Tidak ada folder Trash di iCloud drive seperti yang ada di layanan cloud storage lainnya.

Untuk mengakses fitur ini, kunjungi situs web iCloud dan masuk dengan Apple ID kamu. Verifikasi diri kamu untuk akses ke situs web, dan kemudian klik ikon Settings. Scroll ke bawah dan kamu akan melihat pilihan “Advanced” di bagian bawah. Di sudut kiri bawah halaman web, kamu akan melihat links “Restore Files,” “Restore Contacts,” dan “Restore Calendars & Reminders.”

Ketika restore file, kamu bisa memilih file individual yang mau kamu restore. File kamu akan tetap tersimpan selama 30 hari setelah kamu menghapusnya.

Ketika restore kontak atau kalender, kamu tidak bisa mengembalikan individual item. Sebaliknya, kamu akan me-restore sebuah “snapshot” kontak atau kalender di tanggal tersebut. Ini sangat berguna jika kamu tidak sengaja menghapus sesuatu.

ximg_55e5cd0217292

Restore Photos dari iCloud Photo Library

Jika kamu menggunakan iCloud Photo Library untuk menyimpan foto kamu secara online, kamu juga bisa mengembalikan foto yang telah dihapus. Kamu bisa mengembalikan foto-foto ini di website iCloud, pada Mac dengan aplikasi Photos, atau pada iPhone atau iPad.

  • Web Browser: Masuk ke website iCloud, sign in, klik ikon Foto, pilih kategori “Album”, dan buka album “Recently Deleted”.
  • iPhone atau iPad: Buka aplikasi Photos, pilih “Album”, dan pilih “Recently Deleted”.
  • Mac OS X: Buka aplikasi Photos, klik menu “File”, dan pilih “Show Recently Deleted.”

Seperti file pada iCloud juga, copy foto kamu tetap tersimpan selama 30 hari setelah kamu menghapusnya.

ximg_55e5d48037219

Restore dari Device Backup

Dalam skenario terburuk, kamu masih berpotensi untuk restore data dari device backup.

Sebagai contoh, katakanlah kmu tidak pernah mengaktifkan sinkronisasi contatc di iphone kamu dengan iCloud , tetapi kamu sangat membutuhkan restore contatct kamu setelah tidak sengaja terhapus. Jika kamu pernah membuat backup dari iPhone ke iTunes, maka kamu bisa restore full device backup untuk restore data kembali ke kondisi semula ketika backup diciptakan.

Kamu juga bisa melakukan ini dengan backup iCloud. Restore backup iCloud ke device dan kamu bisa restore kontak, kalender, dan data lainnya ke device tersebut.

ximg_55e5d6cdc918b

Ini bukan satu-satunya cara untuk restore data, tentu saja. Jika kamu mpernah enyinkronkan data dengan layanan lainnya, kamu tetap bisa menggunakan layanan lain untuk restore data. Misalnya, jika kamu secara otomatis meng-upload foto ke Dropbox atau Google photo, maka kamubisa restore  foto yang dihapus dari apps maupun website.

Jika kamu menyinkronkan kontak dengan akun Google, maka kamu bisa masuk ke Gmail, buka tampilan Contacts, dan kemudian klik More>  Restore contacts option untuk restore kontak yang telah dihapus.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.