Cara Print Conversation Text Message

Berikut ini adalah cara untuk print percakapan text message dari smartphone sehingga kamu bisa memiliki hardcopy yang tersedia dalam keadaan darurat:

Menggunakan AirPrint atau Google Cloud Print

650x300xairprint-650x300

Jika kamu memiliki printer yang mendukung Apple AirPrint atau Google Cloud Print, maka kamu bisa print percakapan text message langsung dari hp kamu. Jika kamu tidak yakin apakah printer kamu mendukung salah satu dari fitur ini, cek di sini untuk melihat apakah printer kamu mendukung AirPrint, dan cek di sini untuk Google Cloud Print.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka percakapan text message pada hp kamu dan screenshot. Untuk screenshot dengan perangkat iOS, tekan tombol home dan tombol power bersamaan. Pada Android, tekan tombol bawah volume dan tombol power.

Semua screenshot akan tersimpan di galeri foto pada ponsel kamu. Kamu bisa mencetak semua screenshot ini.

Pada iOS

Jika kamu memiliki iPhone atau iPad, bukalah aplikasi Photos.

Pilih “Screenshots”.

325x577xfile_000_stomped

Tekan pada “Select” di sudut kanan atas dan pilih setiap screenshot yang mau kamu print. Jika hanya satu scrennshot saja, maka cukup tekan screenshot tersebut untuk membukanya.

325x577xfile_001_stomped

Tekan tombol share di sudut kanan bawah.

325x577xfile_001-1_stomped

Di bagian paling bawah, scroll ke kanan dan pilih “Print”.

325x577xfile_002_stomped

Jika printer kamu belum dipilih, tab “Select Printer”.

325x577xfile_003_stomped

Pilih printer kamu saat muncul.

325x577xfile_005_stomped

Tekan “Print” di pojok kanan atas dan screenshot akan mulai diprint.

325x577xfile_007_stomped

 

Pada Android

Menggunakan Google Cloud Print, kamu bisa langsung print dari android ke printer apabila printer kamu  mendukung Google Cloud Print.

Kamua memerlukan aplikasi Cloud Print yang diinstal di ponsel kamu sebelumnya. Apabila belum ada, download aplikasi tersebut dari Google Play Store.

650x301xscreen-shot-2016-08-30-at-9-55-37-am_stomped-650x301

Setelah itu, ada beberapa cara untuk print dari android kamu, bisa dengan menyimpannya ke file PDF ke Google Drive dan kemudian print, atau bisa menggunakan aplikasi merek khusus untuk printer amu dari HP, Epson dll, atau kamu juga bisa print langsung ke printer kamu jika terhubung ke jaringan rumah kamu.

Memang lebih rumit dari AirPrint pada IOS, tapi setidaknya kamu memiliki beberapa pilihan yang berbeda untuk memilih dari Android.

 

Print dengan cara tradisional

Jika kamu memiliki printer yang tidak mendukung AirPrint atau Google Cloud Print, maka kamu perlu melakukan beberapa langkah tambahan. Ada banyak cara yang berbeda untuk print percakapan text message.

Salah satu metode yang bekerja pada kedua iOS dan Android adalah dengan meng-email screenshot. Di Android, kamu bisa melakukan ini dengan memilih screenshot di aplikasi foto dan tekan tombol share. Dari sana, pilih Gmail dan kirim screenshot ke alamat email kamu sendiri. Kamu juga bisa menyimpannya ke Dropbox, Google Drive, atau layanan cloud lain dan mengaksesnya dari komputer kamu.

650x567xscreenshot_2016-08-29-14-39-17_stomped_copy-650x567

Di iOS, kamu bisa memilih screenshot, kemudian tekan tombol share dan pilih “Mail” dari pilihan. Sama seperti pada Android, kamu juga bisa menyimpannya ke Dropbox, Google Drive, atau layanan cloud lain dan mengaksesnya dari komputer kamu.

Setelah screenshot ini ada di komputer, kamu bisa mencetaknya seperti biasa.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.