Cara Menyembunyikan Notifikasi Dari Lock Screen iPhone

Jika kamu telah mengaktifkan notifikasi, biasanya aplikasi akan menampilkan pesan di lock screen. Tapi kamu bisa menyembunyikan teks dari pesan tersebut tanpa menonaktifkan notifikasi dari lock screen seluruhnya, ini memungkinkan kamu untuk tetap melihat bahwa kamu memiliki pesan namun mencegah orang lain membaca pesan kamu.

Android memiliki fitur yang sama dengan beberapa notifikasi app sebagai “sensitive” sehingga tidak akan muncul di lock screen, dan fitur iOS ini juga memiliki fungsi yang sama.

Cara Sembunyikan Preview Notifikasi untuk Messages dan Mail

Pesan yang muncul dalam notifikasi dikenal sebagai “preview” atau “message previews.” Apple memungkinkan kamu untuk menonaktifkan preview ini untuk Messages atau Mail langsung dari layar settings Notification.

Untuk melakukan ini, buka Settings pada iPhone kamu, tab “Notifications,” dan kemudian tekan “Messages” atau “Mail” dari daftar. Scroll ke bawah dan geser “Show Previews” menjadi nonaktif. Setelah kamu melakukannya, Messages atau Mail tidak akan menampilkan preview dari pesan SMS atau email yang masuk di lock screen.

ximg_57200349316e4

Cara Sembunyikan Preview Notifikasi untuk Aplikasi lain

Sayangnya, fitur ini ini tidak sesederhana untuk aplikasi lain. Opsi di atas hanya muncul di layar setting notification untuk Messages dan Mail. Aplikasi pihak ketiga tidak dapat diakses dengan pengaturan ini.

Beberapa aplikasi pihak ketiga memiliki pilihan “Show Previews” dalam pengaturan aplikasi sendiri sebagai gantinya. Misalnya, aplikasi Telegram,  kamu bisa memilih ikon “Settings”, kemudian tekan “Notifications and Sounds,” dan nonaktifkan pilihan “Message Preview”.

ximg_5720087672bf2

Aplikasi lain mungkin tidak memiliki setting ini. Sebagai contoh, Microsoft belum menambahkan opsi ini untuk Skype, jadi kamu tidak bisa menonaktifkan preview notification untuk pesan Skype yang masuk.

Cara Sembunyikan Semua Notifikasi Dari Lock Screen 

Jika kamu lebih suka menyembunyikan seluruh notifikasi aplikasi dari lock screen, kamu bisa menghapus notifikasi dari lock screen seluruhnya.

Untuk melakukan ini, buka Settings, tekan “Notifications,” dan kemudian tekan aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dari lock screen. Geser “Show on Lock Screen” menjadi nonaktif dan notifikasi aplikasi tersebut tidak akan muncul lagi di lock screen.

ximg_572003eeeed31

Kamu juga bisa menggunakan opsi lain di sini untuk mengkonfigurasi persis di mana notifikasi dari aplikasi akan muncul – di tengan notifications, di pop-up banner, atau muncul  badge di ikon aplikasi. Kamu juga bisa menonaktifkan notification seluruhnya untuk sebuah aplikasi dari sini dan dengan menonaktifkan artinya notifikasi tersebut tidak akan muncul ketika ponsel kamu terkunci.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.