Cara Meng-copy Semuanya dari iPhone Lama Kamu ke iphone Baru

Ntah kamu sudah upgrade ke iphone model terbaru atau kamu adalah pemilik gadget iPhone, hal pertama yang ada di benak setiap orang adalah bagaimana untuk mengcopy segala sesuatu dari iPhone lama ke iPhone baru. Inilah yang perlu kamu lakukan.

iCloud telah ada sejak tahun 2011, dan sangat berguna untuk memastikan konten pada perangkat iOS kamu terus diback up ke cloud. Ini sangat praktis untuk menjamin foto-foto kamu, menjaga contact kamu disinkronkan, dan bahkan sangat berguna untuk menemukan iPhone melalui GPS.

Tapi untuk mentransfer semuanya ke telepon baru, iCloud kurang efektif. Walaupun iPhone lama kamu hanya memiliki storage 16GB, jika semua penuh dengan foto, video, data pribadi dan sebagainya, kamu memerlukan koneksi broadband yang cukup besar untuk mendownloadnya. Icloud sangat cocok untuk keadaan darurat (seperti ketika telepon kamu dicuri), tetapi untuk backup rutin, kami sarankan menggunakan iTunes.

Yang Kamu Perlukan 

Pertama, kamu memerlukan akses ke komputer di mana kamu dapat menjalankan iTunes. Pastikan memiliki storage yang cukup untuk backup-jika kamu memiliki ponsel 64GB yang penuh, maka kamu harus memiliki storage 64GB juga pada pada PC. (Kamu bisa menghapus backup setelah kamu restore ke handphone baru)

Kedua, kamu membutuhkan kedua ponsel kamu.

NOTE: Jika kamu membeli handphone second, pastikan bahwa pemilik sebelumnya sudah log out dari iCloud. Apple menggunakan login iCloud sebagai bentuk perlindungan pencurian, dan apabila pemilik sebelumnya belum log out, maka ponsel tersebut akan dianggap “iCloud locked”. Dan kamu tidak akan bisa mentransfer data.

Step Pertama: Backup Perangkat iOS Lama Kamu 

Saatnya untuk melakukan backup lokal. Buka iTunes dan hubungkan dengan iPhone lama kamu menggunakan kabel sinkronisasi dan langsung pasang ke port USB komputer.

Jika kamu belum pernah menghubungkan ponsel kamu dengan PC tersebut sebelumnya, kamu akan melihat pesan berikut muncul:

ximg_58010a2d16639

Pesan ini memang terkesan membingungkan. Ada dua pilihan yaitu: “Set up as a new iPhone” dan “Restore from this backup” (jika ada backup pada PC sebelumnya). Jangan panik, pilihan pertama artinya adalah Buat profil baru di iTunes untuk ponsel ini, jadi opsi ini tidak akan menghapus telepon kamu. Pilih pilihan pertama dan klik “continue”.

Kemudian cari ikon device yang muncul di bar navigasi dan klik diatasnya, seperti gambar dibawah ini:

ximg_57fab458dd976

Cara bagian “Backup” dn pastikan bahwa “Encrypt iPhone Backup” telah dicentang di sisi kiri, kemudian klik “Back Up Now”. Agar semua data kamu dibackup dengan benar, kamu harus mengenkripsi backup dan memberikan password.

ximg_5801088949638

Setelah kamu klik “Back Up Now”, duduk manis dan tunggulah beberapa menit. iTunes akan mulai membackup semua data dari perangkat kamu ke local disk.

Setelah selesai, cabut ponsel lama kamu.

Step Dua: Restore Old Backup ke Perangkat Baru

Tanpa diketahui banyak orang, kamu bisa restore backup dari handphone lama (katakanlah, iPhone 5s lama kamu) dan kamu tinggal restore ke telepon baru kamu (misalnya, iPhone 7). Tidak ada langkah khusus yang dibutuhkan.

Cukup ambil perangkat baru kamu dan hubungkan ke PC yang sama dengan kabel sync. Ponsel baru akan terdaftar sebagai perangkat baru dan kamu akan melihat layar yang sama seperti diatas muncul.

Dalam layar “Welcome to Your New iPhone”, pilih opsi “Restore from this backup” dan kemudian pastikan bahwa backup yang kamu pilih adalah backup yang baru saja kamu buat dari ponsel lama. Setelah memastikan benar, klik “continue”.

ximg_58010b8048f89

Duduk dan tunggulah sementar semua data lama kamu akan dicopy ke telepon baru kamu. Setelah proses selesai, kamu akan melihat pesan pop up yang menunjukkan bahwa perangkat kamu akan restart:

ximg_58010c2f56c09-png

Setelah berhasil Restart, iTunes akan menjalankan beberapa pemeriksaan (seperti, misalnya meminta kamu untuk memperbarui iOS jika perangkat baru dapat menjalankan versi yang lebih tinggi dari iOS dari perangkat lama) dan kemudian semua akan seperti biasa. Semua foto, kontak, aplikasi, data kesehatan, dan semacamnya dari ponsel lama kamu sekarang akan ada  di telepon baru kamu.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.