Cara Mencari Backup dan Menghapus Backup iTunes Kamu

Ketika kamu menyinkronkan iPhone atau iPad dengan iTunes, ini akan menctpitakan sebuah backup pada komputer kamu untuk berjaga-jaga jika kamu kehilangan perangkat atau kamu membeli perangkat baru. Masalahnya adalah, backup ini mengambil banyak ruang.

Kamu mungkin akan terkejut betapa banyak backup lama dari perangkat lama yang tersimpan di komputer kamu. Banyak orang tidak menyadari bahwa iTunes backup adalah backup yang complete, bukan inkremental. Artinya Jika kamu backup tiga kali, maka total ruang disk yang digunakan adalah A + B + C. Ini bisa memakan banyak ruang pada drive kecil, sehingga kamu harus menghapus mereka untuk membebaskan free space.

Selanjutnya, jika kamu membeli komputer baru, kamu mungkin ingin mentransfer backup ke komputer baru atau membuat cadangan offline. Kamu dapat mengcopy ke desktop lain untuk menggunakannya dengan iTunes pada computer tersebut atau kamu juga bisa copy ke server backup atau drive eksternal untuk mengamankan.

Sayangnya, terutama jika kamu menggunakan iTunes pada Windows, cara iTunes menyimpan backup sedikit membingungkan. Mari kita lihat cara mencari iTunes backup.

Dimana iTunes Menyimpan Backup iOS 

Mari kita mulai dengan cara yang sulit untuk mengakses backup ini. Pertama-tama, kita mulai dari Windows terlebih dahulu. Pada Windows, folder backup iTunes berada di:

C:\Users\[username]\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup\

Gantilah [username] dengan username windows kamu.

Pada OS X, folder backup iTunes berada di:

~/Library/Application Support/MobileSync/Backup/

Pada kedua platform, kamu akan menemukan sub-folder di dalam folder Backup. Masing-masing sub-folder adalah backup, nmun biasanya folder memiliki nama agak samar. Setiap kali kamu membuat backup lokal iTunes, iTunes akan membuat folder yang bertuliskan Universal Device Identifcation number (UDID). Nomor ini adalah string alfanumerik berdasarkan ciri-ciri dari perangkat kamu dan terlihat seperti ini “9324f8cae1ed7af8f566c0ec19f309h92c31f343”.

Kamu bisa memeriksa nomor UDID ini (untuk menghindari kebingungan jika kamu memiliki lebih dari satu perangkat iOS), dengan menghubungkan perangkat kamu ke iTunes dan melihat summary page untuk perangkat. Di sana kamu akan melihat sebuah entri berlabel “Serial Number”, seperti di bawah ini:

ximg_578d6b96dc403-png

Klik pada text serial number dan akan berubah menjadi UDID:

ximg_578d6bed061ad

Jika ada beberapa backup dari perangkat yang sama, folder yang memiliki nama hanya UDID saja adalah backup terbaru. Setiap old backup akan di-renamed dengan UDID + tanggal backup sebagai nama folder.

Jadi jika kamu backup iPhone hari ini, dan backup terakhir adalah 1 Juli 2016 di 4:12:56, maka kamu akan melihat setidaknya ada dua folder – satu “9324f8cae1ed7af8f566c0ec19f309h92c31f343”, dan satu lagi “9324f8cae1ed7af8f566c0ec19f309h92c31f343-20160701-161256”. Dimana yang depan adalah backup terbaru karena tidak memiliki tanggal pada akhir nama folder tersebut.

Cara Delete, Move atau Back Up the Backup

Seperti yang dibahas sebelumnya, backup ini tidak inkremental. Jadi jika kamu memiliki 12GB data pada ponsel kamu selama backup# 1, dan 12GB data pada ponsel kamu selama backup # 2, maka jumlah total dari backup adalah 24GB.

Windows dan OS X: Delete Secara manual atau Copy Folder

Jika kamu menggunakan Windows, satu-satunya cara untuk menghapus atau mengcopy backup iTunes adalah masuk ke direktori backup yang telah disebutkan diatas, cara nama folder untuk UDID perangkat kamu, kemudian hapus atau copy file sesuai yang kamu mau.

Jika kamu ingin membebaskan space pada komputer, kamu bisa menghapus backup folder yang tidak diperlukan lagi. Jika, misalnya, ada beberapa backup iPhone kamu dan kamu hanya ingin menyimpan backup terbaru, maka kamu bisa menjaga folder backup dengan nama alfanumerik iPhone UDID kamu (backup terbaru) dan menghapus semua backup yang lebih tua dengan UDID + waktu.

ximg_578d6e6e30f50

Dalam gambar di atas, kamu bisa melihat 4 perangkat backup iOS dengan dua backup yang lebih tua (perhatikan terlihat waktu pada bagian belakang nama). Dengan menghapus file yang dipilih, kamu bisa membebaskan sekitar 20GB ruang storage.

OS X: Menggunakan iTunes Interface

Ada menu tambahan dari iTunes dalam versi OS X yang tidak dalam versi Windows. Jika kamu menggunakan OS X, bukalah iTunes, lalu pilih Preferences> Devices, kamu dapat melihat backup kamu dalam interface kecil. Nama-nama backup pun jauh lebih gampang seperti “iPad 2 Mini”. Kamu tinggal klik kanan pada masing-masing backup untuk opsi tambahan:

ximg_578d6fe0dda88

Di sini kamu bisa memilih untuk “Delete” backup, “Archive” backup (memindahkannya ke folder atau drive lain), atau “Show in Finder” untuk melompat langsung ke folder backup.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.