Cara Melihat Apps Manakah Yang Menghabiskan Baterai pada iPhone atau iPad Kamu

Sejak iOS 8, kamu bisa melihat aplikasi mana yang menguras baterai kamu paling banyak. Ini juga termasuk aplikasi yang menguras baterai di background.

Kamu bisa menghentikan aplikasi yang menggunakan daya baterai begitu banyak, terutama jika aplikasi tersebut menguras baterai di background saat kamu tidak menggunakannya.

Melihat Apps dari Battery Usage

1. Untuk mengaksesnya, tekan “Settings” pada layar Home dan kemudian tekan “Battery”.

650x462xtapping_battery2

2. Persentase Battery Usage menampilkan setiap aplikasi yang saat ini mengkonsumsi daya baterai, dan aplikasi yang menggunakan daya baterai besar tercantum di paling atas.

3. Klik ikon jam akan menampilkan berapa menit setiap aplikasi telah aktif di layar, di background, atau di keduanya.

650x475xminutes_on_screen

Memahami Battery Usage 

Daftar Battery Usage memperlihatkan dua kolom yang berbeda. Kamu bisa melihat berapa banyak aplikasi telah menggunakan baterai dalam 24 jam terakhir, atau dalam tujuh hari terakhir. Klik pada kolom yang kamu mau untuk melihat daftar.

650x467xbattery_usage1

Pada bagian “Time Since Last Full Charge”, di bagian bawah daftar “Battery Usage”, kamu akan melihat dua jumlah waktu, “Usage” dan “Standby”. “Usage” menunjukkan berapa banyak waktu yang kamu telah menggunakan handphone kamu sejak terakhir fully charged. dan jumlah berapa lam handphone kamu telah menganggur sejak fully charged terakhir ditampilkan di “Standby”.

650x402xtime_since_last_full_charge

Buat Aplikasi Mengurangi Pengunaan Daya Baterai 

Pada kebanyakan kasus, aplikasi yang muncul dalam daftar menggunakan daya baterai karena kamu menggunakan menggunakan aplikasi tersebut secara aktif. Jadi, jika kamu melihat Safari dekat bagian atas daftar , itu karena kamu  menghabiskan jumlah waktu yang banyak menggunakan Safari pada perangkat kamu.

Tentu saja, tidak semua aplikasi akan menggunakan jumlah baterai yang sama. Sebuah game grafis yang intensif akan menggunakan baterai yang lebih banyak 10 menit dari web browser Safari.

Untuk sebagian besar aplikasi di sini, tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan baterainya kecuali kurangi menggunakan aplikasi tersebut. Jika kamu melihat bahwa sebuah game menggunakan daya baterai yang banyak, maka pertimbangkanlah untuk kurangi bermain game ini jika baterai kamu sedang keadaan mau habis.

Membatasi “Background Activity” Apps

Beberapa aplikasi dalam daftar ini memiliki label “Background Activity”. Ini berarti aplikasi ini menggunakan daya baterai dengan berjalan di background. Misalnya, aplikasi Mail secara otomatis mengambil e-mail baru di background. Dalam screenshot di bawah, apps AccuWeather dan Survey sedang refreshing di backgroun dan menggunakan daya baterai.

650x483xbackground_activity

Untuk mencegah aplikasi dari menggunakan baterai di background:

1. Masuk ke Settings> General> Background App Refresh

2. Kemudian nonaktifkan Backgroun app Refresh.

650x366xbackground_app_refresh

Ingatlah bahwa hal-hal lain juga mengurangi baterai perangkat kamu. Misalnya, brightness layar kamu, push notification, akses lokasi, Bluetooth, dan fitur lainnya juga menggunakan daya baterai.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.