Cara Lock iPhone atau iPad dengan Guided Access

Kamu mungkin suka meninggalkan smartphone atau gadget sembarangan, dan berpikir bahwa tidak ada yang akan menyentuh gadget kamu. Tapi bagaimana dengan anak-anak? Rasa ingin tahu mereka bisa membuat mereka mengotak-ngatik gadget tanpa sepengetahuan kamu.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa settings yang bisa kamu gunakan untuk mengunci iPhone atau iPad kamu. Kamu dapat membuat akses tertentu dan pembatasan kepada anak. Fitur tersebut adalah Restrictions dan Guided Access. Resctrictions digunakan untuk mengunci smartphone sepanjang waktu sedangkan guided access untuk sementara.

Guided Access

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci perangkat untuk aplikasi tertentu. Fitur ini menggunakan kode PIN, sehingga kamu dapat membuka kunci smartphone kamu sehingga kamu dapat menggunakannya secara normal saat selesai.Berikut adalah caranya:

1. Klik “Settings”, pilih “General”, kemudian pilih “Accessibility”.

File_000_001

2. Scroll ke bawah kemudian pilih “”Guided Access”, pastikan kamu mengaktifkannya.

File_000

3. Klik “Passcode Settings” dan kemudian masukkan password yang kamu mau. Jangan lupa aktifkan “Accessibility Shortcut” agar kamu bisa mengaktifkan fiur ini hanya dengan menekan tombol Home tiga kali dengan cepat.

File_000_002

File_000_003

4. Untuk mengaktifkan fitur Guided Access, buka aplikasi yang ingin kamu lock, kemudian tekan tombol Home tiga kali, dan kamu akan melihat layar Guided Access. Kamu bisa menonaktifkan tombol hardware, menonaktifkan sistem touch di daerah tertentu (atau bahkan seluruhnya). Tidak perlu mengkonfigurasi apapun.

5. Jika kamu sudah ingin memulai sesi, cukup klik “Start” yang terletak di sisi kanan atas layar.

20160302_175104

Apabila kamu menekan tombol home (untuk kembali ke menu utama dan meninggalkan app), kamu akan melihat notifikasi tentang fitur guided access sedang diaktifkan (di bagian atas layar).

Tekan tombol home tiga kali dan masukkan PIN kamu untuk keluar dari guided access.

Dan mulai sekarang, kamu tinggal membuka aplikasi yang ingin kamu kunci dan klik tombol home tiga kali untuk mengaktifkan Guided access.

Baca juga Cara Lock iPhone/ iPad Dengan Restrictions

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.