Trial di Dunia Nyata, 5G Tembus 3,6 Gbps!

Smart phone with 5G network standard communication

Pengembangan teknologi 5G tak lagi sebatas simulasi-simulasi lagi. Generasi lanjutan 4G ini kini mulai dijajal secara live di dunia nyata, dan yang mengesankan adalah kecepatannya yang mampu menembus angka 3,6 Gbps!

Pencapaian ini jauh kalau dibandingkan dengan teknologi 4G saat ini. LTE-Advanced yang paling mutakhir saja kecepatannya hanya sanggup maksimal 300 Mbps. Adapun trial jaringan 5G ini dilakukan oleh Huawei yang bekerjasama dengan NTT DoCoMo yang merupakan operator seluler asal Jepang.

“Sebagai yang pertama sukses melakukan trial di lingkungan luas yang punya multi pengguna, ini adalah pencapaian yang sangat penting. Ini juga memberanikan industri untuk mengkomersialkan 5G pada tahun 2020. Baik Huawei dan DOCOMO telah melakukan kerja yang sangat bagus,” ujar Takehiro Nakamura, VP 5G NTT Docomo, seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Sabtu (10/10/2015).

Kalau menurut International Telecommunication Union (ITU) seharusnya 5G bisa mencapai kecepatan hingga 20 Gbps. Artinya kelak mendownload sebuah film HD hanya butuh hitungan menit saja untuk rampung. Namun itu secara teori, karena dalam dunia nyata tentu banyak faktor yang akhirnya mempengaruhi kecepatannya.

Huawei dan Docomo juga bukan satu-satunya yang mengembangkan jaringan 5G. Operator Amerika Serikat Verizon juga tengah menjalin kerjasama dalam pengembangan 5G bersama dengan Alcatel-Lucent, Cisco, Ericsson, Nokia, Qualcomm, dan juga Samsung. Perusahaan yang tergabung dalam kerjasama tersebut kabarnya akan memulai pengujian 5G pada tahun 2016 mendatang.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.