Produsen Chip India Tantang Google

161641_122040_112843_googleSaankhya Labs, sebuah perusahaan asal Bengaluru, India, punya misi ambisius. Dengan chip buatannya, mereka ingin mengalahkan Google dan Facebook.

Chip yang dinamakan Pruthvi dan berukuran sebesar perangko yang mereka buat, disebut-sebut menjadi jawaban untuk menghubungkan populasi India di daerah terpencil ke internet.

Pruthvi menyokong sistem yang bisa menggunakan white space TV untuk memancarkan internet ke rumah-rumah penduduk di wilayah pelosok. Inovasi semacam ini sangat penting di India, mengingat pemerintahnya berambisi mewujudkan program ‘Digital India’.

“India akan bisa memimpin di teknologi ini, maupun pasar untuk penyampaian broadband berbasis white space TV. Ini akan terjadi, cepat atau lambat,” kata CEO dan co-founder Saankhya Labs, Parag Naik, seperti dilansir Times of India, Selasa (20/10/2015).

Didirikan pada 2007 oleh Naik, Hemant Mallapur dan Vishwakumara Kayargadde, Saankhya Labs mengembangkan sistem yang dinamakan Meghdoot dengan didukung chip Pruthvi.

Teknologi ini bisa memanfaatkan bandwith white space TV yang tersedia di India untuk menyediakan akses wireless broadband hingga ke daerah terpencil sekalipun.

White space TV sendiri mengacu pada spektrum yang tidak dipakai, terletak di antara channel TV yang digunakan untuk transmisi over-the-air menggunakan tower TV dan antena rumah.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.