Pendiri Android Bicara Soal Teknologi AI

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pendiri Android, Andy Rubin percaya bahwa gelombang berikutnya dari teknologi komputasi ialah artificial intelligence (AI). Rubin telah meninggalkan Google untuk memulai startup bernama Playground.

“Robotika dan otomatisasi akan menembus kehidupan kita,” ujar Rubin, seperti dilansir Engadget, Kamis (8/10/2015). Ia menambahkan, teknologi kecerdasan dari cloud akan menjadi sebuah hal yang baru.

Rubin yang kini memimpin Playground berinvestasi dalam perusahaan seperti castAR, yang menciptakan kacamata augmented reality (AR). Selain itu, Playground juga berinvestasi dengan Connected Yard, perusahaan yang menyediakan analisis kualitas kolam renang.

Menurut Rubin, sistem operasi seperti Android maupun iOS sudah terbangun dan dibutuhkan inovasi lainnya yang perlu untuk dikembangkan. “Hal terburuk yang bisa terjadi dari perspektif produk ialah melambatnya inovasi,” tutur Rubin.

Teknologi AI atau kecerdasan buatan mengacu pada mesin atau software. Teknologi kecerdasan buatan juga ditanamkan pada robot untuk dapat berinteraksi dengan objek di sekitarnya, bahkan berbicara dengan manusia.

Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple memperingatkan konsekuensi dari teknologi artificial intelligence (AI). Menurutnya, teknologi tersebut di masa depan akan membuat manusia tidak lebih pintar dari teknologi itu sendiri.

Wozniak mengungkap kecemasannya bila teknologi AI atau kecanggihan robot bisa menguasai dunia. Senada dengan Wozniak, tahun lalu, Elon Musk mengatakan bahwa AI kemungkinan bangkit dan menghancurkan umat manusia. Menurut Musk, robot yang canggih pada akhirnya dapat mencederai penciptanya sendiri.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.