November Update, Ini yang Baru di Windows 10

< data-recalc-dims= on October 6, 2015 in New York City." />

Microsoft baru saja merilis major update pertamanya untuk Windows 10. Melalui update ini, Microsoft ingin memastikan pengalaman Windows 10 menjadi lebih baik, mulai dari fitur Cortana, Microsoft Edge, Maps, Xbox, dan lain-lain.

Melalui Windows Blog, Executive Vice President of Operating Systems Microsoft Terry Myerson memberikan detail tentang major update tersebut, dan menyoroti sejumlah fitur yang signifikan dalam update kali ini.

“Windows 10 menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya, bahkan jika pengguna melakukan upgrade dari Windows 7 PC, pengguna akan merasakan perbedaan hampir 30% lebih cepat untuk start-up time,” klaim Myerson, seperti dikutip dari Windows Blog, Selasa (17/11/2015).

Berikut ini adalah beberapa fitur yang yang tersedia dalam November update:

1. Cortana

Microsoft membawa beberapa fitur baru ke Cortana untuk membantu pengguna tetap mengatur hidupnya. Sekarang, pengguna dapat mengatur reminder dengan menulis di Cortana Notebook dan Cortana akan mengenali tulisan pengguna, baik nomor telepon, alamat email atau alamat rumah dan kantor.

Misalnya, Cortana dapat membantu mengaturkan jadwal acara atau jadwal bioskop pengguna, kemudian mengirimkan reminder untuk memberi tahu ke mana pengguna harus pergi dan bagaimana sampai ke tempat tujuan (contohnya memberi opsi memesan Uber) di dalam event reminder pengguna.

cortanaCortana akan membantu pengguna memasang reminder dari tulisan tangan.

Microsoft juga memberikan support Cortana ke berbagai negara termasuk Jepang, Australia, Kanada dan India dalam bahasa Inggris dengan fitur dan pengalaman yang disesuaikan dengan masing-masing negara.

Sayangnya, Indonesia belum masuk dalam daftar. Pengguna perangkat Windows di Indonesia yang menggunakan fitur Cortana saat ini mengakalinya dengan mengganti region perangkat menjadi Amerika Serikat di bagian pengaturan.

2. Microsoft Edge

Microsoft menambahkan performa dan keamanan Microsoft Edge serta memberikan berbagai fitur baru untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

Salah satu fiturnya, Microsoft Edge akan menyamakan Favorites dan Reading list lintas perangkat sehingga pengguna akan dapat kembali ke konten yang paling paling menarik bagi pengguna.

Tab preview memungkinkan pengguna untuk melihat preview tentang apa yang sedang terjadi di website tersebut tanpa meninggalkan web page yang sedang pengguna lihat.

edge_browserTab preview di Microsoft Edge.

Bagi yang hobi belanja online, fitur baru ini pasti akan disukai. Cortana akan memberikan informasi tentang kupon-kupon yang tersedia dari website seperti Staples, Macy’s dan Best Buy ketika pengguna browsing dari Microsoft Edge. Ketika pengguna mengunjungi website mereka, Cortana akan memberitahu mengenai adanya kupon-kupon untuk potongan harga yang lebih besar.

3. Mail dan Calendar

Pengguna bisa melakukan personalisasi theme inbox dengan theme yang lebih terang atau gelap, mengubah warna aksen yang digunakan untuk personalisasi Windows, atau bahkan menggunakan foto pengguna sebagai latar belakangnya. Microsoft juga menambahkan support untuk berbagai jenis kalender baru seperti hari-hari besar keagamaan, lunar dan zodiak.

mail_calendar_1Ubah tampilan email dengan warna pilihan atau foto pengguna.

mail_calendar_2Pengguna dapat mengelola kalender lebih mudah dari sebelumnya.

4. Photos

Aplikasi ini memungkinkan setiap foto untuk menceritakan pengalaman pengguna, meningkatkan kualitas foto untuk terlihat lebih baik dan membuat album foto yang ready-to-share.

Selain fitur album foto otomatis, Microsoft menambahkan fitur untuk membuat foto album secara manual dan mensinkronisasi album di setiap perangkat pengguna, sehingga pengguna dapat melihatnya kapanpun dan dimanapun.

Ada pula tambahan dukungan untuk GIF dan file media lainnya seperti Living Images yang dapat dibagikan dengan mudah kepada teman dan keluarga. Sebagai tambahan, terdapat fitur untuk melihat foto dengan lebih cepat dan menu right-click untuk akses cepat ke fitur-fitur tertentu.

photos_1Pengguna dapat melihat gambar berdasarkan folder dalam Photos app.

photos_2Alat editing yang sederhana namun canggih membuat foto pengguna terlihat memukau.

5. Maps

Microsoft memberikan banyak informasi mengenai rute alternatif yang akan membantu pengguna keluar dari kemacetan dan tiba di lokasi tujuan. Selain itu, saat tiba di lokasi tujuan, pengguna tidak perlu khawatir lupa dimana mobilnya berada dengan menyimpan lokasi parkir.

Kedepannya, Microsoft akan menyediakan fitur-fitur baru seperti ‘Take Me Home’ yang memberi pengguna one-click access untuk navigasi pulang-pergi ke rumah, dari manapun lokasi pengguna.

maps_1
Melihat rute ke tujuan pengguna dengan aplikasi Maps.

maps_2Mengingat dimana lokasi parkir.

6. Xbox

Windows 10 membuat semua pengalaman gaming pengguna lebih baik dengan menjadikannya konsisten di seluruh perangkat melalui Xbox Live yang tersedia di setiap layar. Melalui update software yang sederhana, Xbox One akan didukung oleh Windows 10, menandai langkah maju dalam visi Microsoft untuk game yang terpadu.

Windows 10 memungkinkan pengalaman lebih cepat pada Xbox One, dimana pengguna dapat masuk ke sesi multiplayer lebih cepat, konten yang paling sering digunakan pengguna dapat lebih mudah tersedia dan pengalaman gaming disesuaikan dengan judul favorit pengguna sehingga lebih mudah ditemukan. Xbox One akan menjadi lebih pintar dengan bantuan Cortana di 2016.

xboxThe New Xbox One Experience.

7. Groove

Groove bekerja di berbagai perangkat termasuk iOS, Android, untuk memberikan pengalaman unik yang sempurna kepada pengguna dalam menikmati musik dengan menggunakan perangkat apapun. Pengguna juga dapat menikmati akses bebas iklan dengan Groove Music Pass.

grooveMusik pengguna di berbagai perangkat dengan menggunakan Groove.

8. Skype

Microsoft menyambut Skype sebagai anggota keluarga baru. Layanan Voice over Internet Protocol ini diintegrasikan melalui fitur select Skype sehingga dapat membantu pengguna mengakses pesan dan menelpon secara cepat dari start menu atau taskbar dengan menggunakan Messaging dan Skype video.

skype
Preview integrasi Skype pada video Windows 10 Skype dan aplikasi Messaging.

Jika belum meng-upgrade ke Windows 10, pengguna dapat melakukannya secara gratis melalui halaman Windows 10 upgrade di website Microsoft. Raksasa software ini menyarankan pengguna agar menggunakan Consumer Preview untuk memberi masukan mengenai apa yang diinginkan selanjutnya.

 

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.