‘Mobil Otonom Apple Lebih Rahasia dari CIA’

153946_appleGoogle dan Apple kini tak hanya bersaing dalam teknologi smartphone atau sistem operasi saja. Keduanya tengah bersaing dalam dunia otomotif dengan menciptakan mobil otonom.

Jika Google telah melakukan beberapa uji coba pada Google Car, maka beda halnya dengan Apple Car. Gaung mobil otonom buatan Apple itu belum terlihat wujudnya.

Santer dikabarkan bahwa Apple bakal membuat mobil otonom sebagai pesaing Google. Hal itu sampai membuat CEO Tesla, Elon Musk berkomentar bahwa ia berharap Apple masuk ke bisnis otomotif dan mengatakan hal itu baik untuk Apple.

Setelah sekian lama rumor tersebut beredar, publik makin dibuat penasaran, apalagi tidak ada pernyataan resmi dari Apple soal mobil otonom tersebut. Apakah Apple memang bakalan membuat mobil otonom untuk menyaingi Google?

Diberitakan Time pada Senin (21/12/2015), CEO Apple, Tim Cook menanggapi hal tersebut dengan guyonan. Bahwa setiap produk yang dikerjakan oleh Apple lebih rahasia dibanding agen rahasia terkenal Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA).

“Salah satu hal bagus dari Apple yaitu kami mungkin lebih rahasia dibandingkan CIA,” ungkap Tim Cook.

Sebelumnya CNN memberitakan bahwa perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs tersebut telah merekrut beberapa eksekutif di industri otomotif. Diantaranya petinggi Fiat Chrysler, Doug Betts. Doug Betts juga memiliki segudang pengalaman di bidang otomotif yakni ia pernah bergabung dengan Michelin, Toyota, dan Nissan.

Selain Doug Betts, nama Johann Jungwirth juga mengisi jajaran tim eksekutif Apple. Kepala penelitian dan pengembangan Mercedes-Benz itu bergabung dengan Apple pada 2014. Ia dikenal memiliki spesialisasi pada mobil yang terhubung dengan internet dan mengemudi otonom.

Teka-teki soal mobil otonom Apple juga diperkuat saat CEO Fiat Chrsyler Automobile, Sergio Marchionne membuka peluang untuk bekerja sama dengan Apple dalam menciptakan mobil otonom.

“Saya rasa kami harus mendorong dialog itu (kerja sama Fiat dan Apple). Kami semua harus mendorongnya. Jika mereka menunjukkan dan benar-benar sukses, mereka akan membuat pelaku industri otomotif lain akan kecewa,” kata Sergio Marchionne, seperti dilansir CNN.

Lalu, kapan Apple benar-benar akan mengungkap ‘misteri’ mobil otonom mereka? Kita nanti saja kelanjutannya.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.