Ketika BlackBerry Android Digores Hingga Dibakar

adalamSudah jadi hal lumrah kalau pengujian ponsel juga termasuk diuji secara fisik. Kini giliran BlackBerry Priv yang harus merasakannya, tak hanya digores ponsel Android pertama BlackBerry ini juga dibakar. Bagaimana nasibnya?

Hal pertama yang diuji adalah ketahanan lapisan layar Gorilla Glass 4 yang dipakai Priv. Pengguna YouTube bernama JerryRigEverything yang mengujinya mengkategorikan goresan hingga 10 tingkat, berdasarkan alat penggores yang dipakainya.

Tingkat goresan 1 sampai 6 dilalui layarPriv tanpa masalah. Goresan baru berbekas di tingkat ke 7, bahkan bekas goresannya terlihat sangat jelas. Kesimpulannya, lapisan layar Gorilla Glass 4 di Priv terbukti ampuh menghadapi goresan-goresan akibat anak kunci misalnya. Tapi segera jauhi kalau dihadapkan dengan pisau cutter.

Sayang kualitas di lapisan layar Priv tak diikuti oleh kaca pelindung kameranya. Bagian tersebut kelihatan sangat mudah tergores, sehingga JerryRigEverything mewanti-wanti agar tak mendekatkan bagian ini dengan benda-benda yang bersudut menajam.

Pengujian terakhir sekaligus yang paling menarik adalah ketika layar Priv dibakar. Ya, dibakar! Tapi jangan berpikir berlebihan karena penguji hanya membakarnya menggunakan korek api gas. Namun tetap saja resiko kerusakannya cukup tinggi.

Jadi dalam pengujian ini layar Priv yang mengusung teknologi AMOLED dibakar untuk menguji ketangguhannya. Akibat yang langsung kelihatan adalah bagian layar yang dibakar langsung berwarna putih. Menariknya, meski sempat memutih, setelah didiamkan sesaat bagian layar Priv yang dibakar berangsur-angsur pulih dan bisa dioperasikan dengan normal tanpa masalah.

Efek ini berbeda dengan layar Nexus 6P yang oleh JerryRigEverything ketika dibakar berubah menghitam dan berujung rusak permanen.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.