Keluhan Pengguna Nexus 5X: Lemot!

Google CEO Sundar Pichai speaks during a Google media event on September 29, 2015 in San Francisco, California.

Nexus 5X diharapkan bisa menggantikan posisi Nexus 5, yang mempunyai banyak penggemar. Namun ponsel besutan LG ini memperoleh sejumlah keluhan dari penggunanya, salah satunya adalah performanya yang lambat alias lemot.

Padahal dari generasi ke generasi, ponsel Nexus adalah ponsel yang sangat jarang dikeluhkan karena performanya yang lambat. Namun tak begitu halnya dengan Nexus 5X.

Ada empat hal utama yang dikeluhkan oleh pengguna Nexus 5X, yaitu enkripsi, kamera yang lambat, throttling, dan lag, dikutip dari Phone Arena, Jumat (27/11/2015).

Enkripsi adalah fitur yang baru ‘dijual’ Google di Nexus 5X, atau tepatnya Android Marshmallow. Namun sepertinya Nexus 5X tak cukup bertenaga untuk menjalankan enkripsi berbasis software, yang berefek membuat performa keseluruhan ponsel menjadi merosot.

Soal kamera, yang dikeluhkan adalah fitur HDR+, yang secara teoritis sebenarnya sangat baik karena bisa menghasilkan foto dengan dynamic range yang tinggi. Namun dari segi komputasi, fitur ini membutuhkan banyak tenaga untuk memprosesnya. Alhasil jeda waktu antara satu gambar dengan gambar lain sangatlah lama.

Lalu ada yang disebut sebagai throtling. Di mana Nexus 5X disebut tak mampu mempertahankan suhu Snapdragon 808 agar tetap adem. Hasilnya, dua core Cortex A57 terpaksa diturunkan kecepatannya hingga 633 MHz, setelah 2 menit dijalankan dengan kecepatan penuh.

Setelah itu, terpaksa 4 core A53 yang lebih lambat mengambil alih semua komputasi yang ada. Masalah ini sepertinya hanya terjadi di Nexus 5X karena di perangkat-perangkat lain tak pernah terjadi masalah serupa.

Dan terakhir adalah lag. Nexus 5X dikeluhkan sangat sering ‘bengong’ dan melambat performanya. Dalam beberapa tes yang sudah dilakukan, performa Nexus 5X bahkan kalah jika dibandingkan dengan Nexus 5, yang sudah berumur 2 tahun.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.