Kalah Pamor, Mozilla ‘Bunuh’ Ponsel Firefox

firefoxSetelah 2,5 tahun berjuang mempopulerkan Firefox OS, Mozilla akhirnya menyerah. Sistem operasi ponsel yang diposisikan untuk mengisi pasar kelas bawah itu akhirnya ‘dibunuh’ oleh Mozilla.

Tujuan utama Mozilla saat mengembangkan Firefox OS adalah pasar di negara berkembang, yaitu ponsel low end berharga murah. Bahkan Mozilla sempat menelurkan ponsel dengan harga USD 25 atau sekitar Rp 350 ribu (USD 1 = Rp 13.990).

Namun usahanya itu gagal karena terus pasar terus diberondong pertumbuhan ponsel berbasis Android, yang kini semakin gencar menyasar pasar kelas bawah. Apalagi ekosistem aplikasi Android yang semakin matang, juga pengalaman pengguna di platform Google yang lebih baik.

Dalam pernyataan resminya, Mozilla menyebut alasan bahwa mereka tak bisa memberikan pengalaman pengguna yang terbaik dalam ponsel Firefox, dikutip dari The Verge, Kamis (10/12/2015).

Namun Mozilla belum sepenuhnya menyerah dengan Firefox OS tersebut. Menurut Senior VP Connected Devices Mozilla Ari Jaaksi, mereka masih ingin menggunakan OS tersebut di perangkat jenis lain, di luar ponsel.

Selain untuk ponsel, Firefox OS juga dikembangkan untuk perangkat televisi. Namun tak jelas apakah hal ini yang dimaksud oleh Jaaksi, karena ia hanya menyebut Mozilla ingin memasuki dunia Internet of Things (IoT) dengan Firefox OS.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.