iPhone Berlayar OLED, Apple Pilih Samsung atau LG?

iPhone 6 and 6 plus

Berhembus kencang sebuah informasi yang menyebut Apple bakal membenamkan layar berteknologi OLED pada iPhone terbarunya. Meski Samsung sempat digadang-gadang sebagai pemasoknya, belakangan produsen ini mendapat pesaing dari negaranya sendiri.

Apple dan Samsung sendiri kabarnya telah melakukan pembicaraan lanjutan terkait rencana ini, namun belum bisa dipastikan apakah Apple akan benar-benar memilih Samsung. Spekulasi terbaru malah memasukkan LG sebagai kandidat lainnya.

Bahkan LG disebut-sebut telah menyiapkan sebuah pabrik baru yang khusus didedikasikan untuk memproduksi komponen layar. Meski belum ketahuan jenis layar yang diproduksi, apakah OLED atau yang lainnya.

Tapi terlepas dari itu, sebenarnya belum jelas juga apakah pabrik ini benar-benar jawaban LG untuk memenuhi rumor kebutuhan layar OLED Apple. Lagi pula kalaupun jadi Apple disebut baru akan membenamkan layar Apple di iPhone pada tahun 2018 nanti. Berarti layar OLED mungkin baru akan hadir di iPhone 8.

Samsung juga tak mau kalah, kabarnya produsen ini sampai mengorbankan alias menjual pabrik pembuat layar LCD miliknya yang berlokasi di Cheonan, Korea Selatan demi fokus untuk menggarap layar OLED yang selama ini jadi andalannya.

Persaingan Samsung dan LG juga bukan tak mungkin akan berakhir seperti antara Samsung dan TSMC dalam pembuatan prosesor untuk iPhone. Samsung memang menjadi pemasok utama untuk prosesor iPhone, namun sebagian kecil produksinya juga dipercayakan kepada TSMC untuk mengantisipasi keterlambatan pasokan.

Bisa jadi hal yang sama juga bakal terjadi pada Samsung dan LG, di mana Samsung juga menjadi pemasok utama layar OLED untuk iPhone, sementara sebagian kecil produksinya dipercayakan kepada LG.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.