iPhone 4S Lemot Pakai iOS 9, Apple Digugat

CUPERTINO, CA - OCTOBER 04:  Apple's Senior Vice President of Worldwide product marketing Phil Schiller speaks about retail price of the new iPhone 4s at the company?s headquarters October 4, 2011 in Cupertino, California. The announcement marks the first time new CEO Tim Cook introduced a new product since Apple co-founder Steve Jobs resigned in August.  (Photo by Kevork Djansezian/Getty Images)

Masa pakai iPhone terhitung lama jika dilihat dari OS terbaru yang bisa digunakannya. Contohnya iPhone 4S yang sudah berumur 4 tahun dan masih bisa menggunakan iOS terbaru, yaitu versi 9. Namun itu malah membuat Apple jadi digugat. Kok bisa?

Penggugatnya adalah seorang bernama Chaim Lerman, yang mendaftarkan gugatan class action tersebut ke pengadilan distrik New York. Dalam gugatannya itu, Lerman menyebut Apple melakukan kebohongan dan menuntut uang ganti rugi sebesar USD 5 juta.

Yang ia maksud adalah pernyataan Apple yang menyebut bahwa iOS 9 kompatibel dengan perangkat iPhone 4S. Namun menurut Lerman, penggunaan iOS 9 di iPhone 4S membuat performanya jeblok, dikutip dari Apple Insider, Rabu (30/12/2015).

Apple dianggap memaksakan ketersediaan iOS 9 di iPhone 4S meski sudah mengetahui keterbatasan dari segi hardwarenya. Apple malah mengklaim kalau iOS 9 bisa membuat performa iPhone 4S menjadi lebih kencang pun daya tahan baterai yang lebih baik.

Sebenarnya hal itu terbilang wajar, karena tentu dari segi hardware, jeroan iPhone 4S sudah ketinggalan empat generasi dibanding iPhone 6S. Namun yang menjadi masalah adalah, protokol keamanan Apple melarang penggunanya untuk melakukan downgrade iOS.

Jadi, pengguna akan terjebak dengan iPhone 4S yang sangat lemot, dan memaksa mereka untuk membeli ponsel baru. Dalam gugatan yang sudah mencatatkan lebih dari 100 penggugat itu, iPhone 4S yang menggunakan iOS 9 disebut sudah tak layak digunakan untuk penggunaan sehari-hari.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.