iOS 9 Sudah Bisa Di-jailbreak

130604_amaniOS 9 belum lama berada di pasaran, namun kini OS anyar ‘apel kroak’ itu sudah berhasil dijebol alias di-jailbreak. Penjebolnya adalah tim Pangu asal China, yang masih konsisten merilis hasil jailbreak setiap iOS anyar diluncurkan.

iOS 9 untethered jailbreak buatan Pangu bisa digunakan dari iOS 9.0 sampai iOS 9.02 di iPhone maupun iPad. Ini adalah jailbreak pertama untuk iOS 9 yang dirilis ke pasaran.

Dan wajar saja jika hasilnya masih jauh dari sempurna, karena banyak penggunanya yang melaporkan bahwa jailbreak ini masih mempunyai banyak bug, dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (15/10/2015).

Bug ini seharusnya akan diperbaiki oleh tim Pangu dalam perilisan jailbreak versi selanjutnya. Tim asal China itu secara reguler merilis pembaruan dari tool jailbreak itu setiap beberapa bulan sekali.

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas jailbreak memang makin menurun. Penyebabnya adalah, Apple semakin getol menambal lubang di OS buatannya itu, sehingga makin sulit untuk dijebol oleh para jailbreak developer.

Ditambah lagi dengan tak pernah ditemukannya celah keamanan dari segi hardware, yang semakin mempersulit proses melakukan jailbreak. Sampai-sampai, ada perusahaan yang menawarkan hadiah sebesar USD 1 juta untuk orang yang bisa menjebol keamanan iOS 9.

Perusahaan itu adalah Zerodium, yang akan memberikan uang berjumlah besar itu untuk orang yang bisa menjebol iPhone ataupun iPad yang memakai iOS 9, OS yang disebut oleh Zerodium sebagai mobile OS paling aman di dunia.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.