Harga Resmi Oculus Rift Rp 8,3 Juta

oculusriftbundle1Setelah melalui berbagai spekulasi, akhirnya Oculus mengungkap harga resmi dari headset virtual reality-nya, Rift. Oleh Oculus, Rift dibanderol dengan harga tinggi, yakni USD 600 atau sekitar Rp 8,3 juta.

Pengumuman harga Rift tadi dilakukan bertepatan dengan pembukaan keran pre-order yang dilakukan Rabu waktu setempat. Meski memiliki banderol premium, namun dengan membayar harga di kisaran Rp 8,3 juta tadi pengguna tak hanya memboyong Rift mentah-mentah.

Dikutip dari Gamespot, Kamis (7/1/2016), dengan membeli melalui pre-order pengguna akan mendapat keuntungan berupa satu unit kontroler Xbox One, Oculus Remote, sebuah sensor, dan salinan game Eve: Valkyrie dan Lucky’s Tale secara cuma-cuma. Agar tidak terjadi pembelian secara masal (borong), maka Oculus hanya membatasi maksimal pembelian satu unit per orang.

Rencananya headset ini akan mulai dilepas pada 28 Maret 2016. Pre-order Oculus Rift ini terbilang cukup unik, karena Anda tidak perlu merogoh kocek di awal. Anda baru akan dikenakan biaya setelah barang dikirim ke rumah Anda.

Tak cukup sampai di situ, memesan melalui pre-order berarti turut menempatkan Anda di garis depan antrian membeli kontroler Oculus Touch ketika nanti dirilis. Sayangnya, Oculus belum menyebut berapa harga yang dibanderol untuk satu unitnya.

Perlu diingat bahwa harga Rp 8,3 juta tadi hanya berlaku untuk unit headset Rift. Seperti yang pernah dikatakan oleh pendiri Oculus Palmer Luckey, untuk bisa menjalankan headset VR-nya dibutuhkan komputer dengan spesifikasi mumpuni.

Maka dari itu, guna mengakomodir kebutuhan calon penggunanya, Oculus kemudian bekerjasama dengan sejumlah vendor komputer ternama, seperti Dell, Alienware, dan Asus untuk menggarap perangkat komputer yang ‘Oculus-Ready’.

Rencananya, sistem yang dirancang khusus untuk menjalankan Rift dengan baik dan benar akan diganjar harga mulai dari USD 950 atau sekitar Rp 13 juta. Namun, melalui laman blog resminya Oculus mengatakan bakal siap membuka keran pre-order PC Oculus-Ready ini pada bulan Februari 2016 dengan harga paket bundling USD 1.500 atau Rp 20 juta.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.