Dua Tahun Menghilang, Ternyata Ini Rencana “Bapak Android”

1155042andy-rubin780x390Salah satu pendiri Android yang sempat jadi tokoh utama di Google, Andy Rubin, balik ke industri smartphone Android setelah dua tahun hengkang.

Kali ini, lelaki yang sering disebut sebagai “bapak Android” tersebut tak lagi terjun di bisnis software smartphone. Ia lebih tertarik merintis usaha perangkat smartphone berbasis Android, sebagaimana dilaporkan TheVerge, Kamis (3/12/2015).

Rubin melihat pasar smartphone Android sebagai sesuatu yang berprospek dan belum akan layu. Lebih lanjut, ia menganggap perangkat Android yang beredar saat ini kurang menyasar kelas menengah ke atas.

Pasar itu yang ingin ia garap. Rubin ingin menyaingi dominasi Apple. Walau, untuk sementara Rubin belum mau membeberkan lebih jauh terkait inovasi yang ia tawarkan melalui produk smartphone besutannya.

Usaha rintisan Rubin bakal didanai Playgroud Fund yang tak lain merupakan inkubator buatannya. Sejauh ini, Playground sudah menghimpun duit 300 juta dollar AS atau setara Rp 4,1 triliun.

Memang, sejak undur diri dari Google, Rubin aktif menjaring kerja sama dengan venture capital dan terjun langsung sebagai investor. Ia telah menginvestasi beberapa inovasi produk artificial intelligence dan perkakas smarthome.

Kembalinya Rubin ke industri smartphone bisa dibilang mengejutkan. Sebab, kala meninggalkan posisi penting di divisi Android dan menyerahkannya kepada Sundar Pichai pada 2013 silam, Rubin mengindikasikan dirinya sudah cukup melalang buana di industri yang membesarkan namanya itu.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.