Bobol iOS 9 Bisa Dapat Rp 14 Miliar, Mau?

SAN FRANCISCO, CA - JUNE 08:  Craig Federighi, Apple senior vice president of Software Engineering, speaks about iOS 9 during Apple WWDC on June 8, 2015 in San Francisco, California. Apple annouced a new OS X, El Capitan, and  iOS 9 during the keynote at the annual developers conference that runs through June 12.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)

SAN FRANCISCO, CA – JUNE 08: Craig Federighi, Apple senior vice president of Software Engineering, speaks about iOS 9 during Apple WWDC on June 8, 2015 in San Francisco, California. Apple annouced a new OS X, El Capitan, and iOS 9 during the keynote at the annual developers conference that runs through June 12. (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)

Apple iOS 9 digadang-gadang sebagai OS paling aman karena kabarnya sangat sulit untuk di-jailbreak. Lalu muncullah tantangan untuk menjebol OS berlogo apel kroak itu dengan hadiah sebesar USD 1 juta, atau sekitar Rp 14 miliar (USD 1 = Rp 14.000).

Adalah Zerodium, sebuah perusahaan keamanan yang memberikan tantangan tersebut. Mereka akan memberikan uang berjumlah besar itu untuk orang yang bisa menjebol iPhone ataupun iPad yang memakai iOS 9, OS yang disebut oleh Zerodium sebagai mobile OS paling aman di dunia.

“Apple iOS, seperti sistem operasi lain, seringkali mempunyai celah keamanan, namun dengan perbaikan keamanan dan efektivitas pendeteksi exploit, iOS milik Apple adalah mobile OS paling aman,” tulis Zerodium dalam posting blognya.

Meski begitu, Zerodium percaya bahwa iOS 9 masih mempunyai celah yang bisa dieksploitasi, meski sangat kompleks. “Dan di sinilah hadiah sejuta dollar itu mempunyai peran,” lanjutnya, seperti dikutip detikINET dari Fortune, Selasa (22/9/2015).

Zerodium tak cuma menyediakan hadiah untuk satu orang yang bisa menemukan celah tersebut, melainkan untuk tiga orang sekaligus. Artinya, mereka punya uang sebanyak USD 3 juta untuk dibagikan bagi 3 orang pertama yang menemukan celah di iOS 9.

Hadiahnya memang terlihat besar, namun Zerodium hanya memberikan waktu yang singkat untuk menemukan celah tersebut. Semua pendaftar harus mengirimkan hasil penelusurannya sebelum tanggal 31 Oktober 2015, atau hanya sekitar 2 bulan dari sekarang.

Sekadar informasi, pada tahun 2013 ada penawaran semacam ini. Saat itu, untuk setiap bug yang ditemukan di iOS ada bayaran sebesar USD 500 ribu.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.