Apple Usir 256 Aplikasi Mata-mata

ios9Apple melakukan aksi bersih-bersih terhadap aplikasi nakal di App Store. Dalam razia tersebut, sebanyak 256 aplikasi dinyatakan bersalah dan langsung diusir dari toko aplikasi Apple tersebut.

Seperti dilansir Phone Arena, aplikasi tersebut dituding telah melanggar ketentuan App Store dengan mengumpulkan informasi melalui privat API.

Ditelisik lebih jauh ternyata ratusan aplikasi nakal tersebut menggunakan SDK advertising Youmi yang berasal dari China. SDK tersebut terintegrasi dengan aplikasi dan memungkinkan untuk menampung informasi pribadi pengguna.

Apple sedikit mengungkap informasi yang dikumpulkan tersebut, antara lain daftar aplikasi yang telah di-download di ponsel pengguna sampai alamat email yang didaftarkan untuk Apple ID.

Nama-nama aplikasi yang ditendang ini tak disebutkan secara pasti. Tetapi kabarnya sudah ada 1 juta kali download terhadap total 256 aplikasi nakal itu. Dimana salah satunya adalah aplikasi resmi McDonald’s China.

Apple sendiri telah bertindak tegas dengan menyingkirkan aplikasi yang menggunakan SDK Youmi tersebut. Dimana mayoritas aplikasi yang menggunakannya dibuat oleh developer asal China, yang mungkin tak menyadari aktivitas ilegal yang berjalan di belakang aplikasi mereka.

Kini, seluruh aplikasi yang disubmit ke Apple App Store sudah disetting otomatis, dimana jika ketahuan menggunakan kode pemrograman dari SDK Youmi maka akan langsung ditolak.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.