Android KitKat Masih Jawara

115525_a1Adopsi sistem operasi terbaru Android memang tidak secepat iOS. Ketika Google merilis versi terbaru Android, biasanya butuh beberapa bulan sebelum pengguna Android bisa merasakannya, tergantung kebijakan vendor.

Itu terbukti berdasarkan data statistik Google beberapa waktu lalu, di mana adopsi sistem operasi Android 4.4 KitKat ternyata masih mendominasi perangkat Android secara global. Terlihat bahwa Android dengan simbol coklat batang itu masih memimpin dengan pangsa pasar 36,6% terhitung sampai bulan Desember 2015.

Sementara posisi kedua ditempati Android 5.0 Lollipop dengan pangsa pasar 29,5%, naik 3,9% dari bulan lalu. Peningkatan adopsi Lollipop kemungkinan besar karena beberapa vendor sudah mulai menghentikan produksi ponsel dengan sistem operasi Android KitKat.

Lain Lollipop, lain pula Gingerbread. Sistem operasi lawas Google itu turun jadi 3,4%, diikuti oleh Ice Cream Sandwich di raihan 2,9% pangsa pasar. Terakhir, Android 2.2 Froyo ternyata masih hadir dengan jumlah persentase 0,2%.

Lalu bagaimana dengan sistem operasi Android terbaru, 6.0 Marshmallow? Sayangnya, memang belum banyak handset yang memakai sistem operasi terbaru itu sejak dua bulan dirilis. Kalaupun ada, itupun hanya segelintir handset di luar Google (Nexus dan Android One), seperti HTC One A9 dan Huawei Mate 8.

Meski begitu, melalui data statistik, perusahaan pencarian internet raksasa mengungkap bila terjadi kenaikan pangsa pasar Marshmallow, dari 0,1% di bulan lalu menjadi 0,5% di bulan Desember 2015.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.