Android 6.0.1 Meluncur, Apa Fitur Barunya?

coverGoogle sudah mulai menyebarkan pembaruan Android 6.0.1 Marshmallow ke sejumlah perangkat Nexus. Selain Nexus 5X dan 6P, pembaruan ini juga tersedia untuk Nexus 5, 6, 7, dan 9. Apa fitur barunya?

Dukungan terhadap emoji baru adalah satu dari penambahan fitur itu. Di pembaruan ini, ada 200 tambahan emoji yang dibenamkan Google ke dalam keyboard bawaannya, dikutip dari Phone Arena, Selasa (8/12/2015).

Ada juga akses cepat untuk meluncurkan kamera dengan menekan tombol power dua kali. Fitur ini sebenarnya sudah ada di Nexus 5X dan 6P sejak awal, namun kini Google membawanya ke perangkat Nexus lama.

Selain itu, khusus untuk perangkat tablet, Google juga sedikit mengubah tampilan antarmuka Android Marshmallow. Yaitu tombol back dan home kini diletakkan di bagian kiri bawah layar, sementara tombol overview tetap berada di kanan.

Lalu ada fitur Do Not Disturb, yang kini kembali dilengkapi dengan tombol ‘until next alarm’. Fitur tersebut pertama ada di Android 5.1, namun dihilangkan di Android 6.0 dan kini dikembalikan lagi oleh Google.

Saat ini pembaruan over the air (OTA) untuk Android 6.0.1 sudah mulai diluncurkan oleh Google dan pengguna Nexus akan mendapatkannya secara bertahap. Jika sudah tak sabar, Google juga menyediakan Factory Images untuk pembaruan ini yang bisa diunduh di situs miliknya.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.