5 Menit Diisi Ulang, Baterai Huawei Tahan 10 Jam

huaweiTeknologi pengisian baterai kilat alias quick charging bukanlah hal baru, sudah banyak vendor ponsel yang menerapkannya. Namun Huawei punya trik berbeda dari para pesaingnya dalam penerapan quick charging.

Pabrikan asal China itu mengembangkan sel baterai khusus berkapasitas 3.000 mAh yang hanya membutuhkan 5 menit untuk mengisi 48% kapasitasnya, atau setara dengan waktu bicara selama 10 jam. Sebagai perbandingan, teknologi Quick Charge 3.0 milik Qualcomm mengisi 80% dalam 30 menit.

Huawei menggunakan baterai lithiom ion baru yang dibuat menggunakan heteroatom yang dilekatkan ke molekul graphite di anoda baterai. Teknik ini diklaim bisa membuat baterai bisa diisi dengan cepat tanpa mengurangi kepadatan ataupun umur baterai.

Ini berbeda dengan teknologi quick charging lain yang sekadar menggenjot jumlah arus yang dialirkan ke dalam baterai, tanpa memodifikasi baterai agar bisa menerima arus sebesar itu, dikutip dari 9to5google, Senin (16/11/2015).

Huawei juga menciptakan baterai berkapasitas 600 mAh yang bisa diisi sampai dengan 68% hanya dalam waktu 2 menit. Baterai ini sepertinya dibuat untuk perangkat wearable seperti smartwatch ataupun gelang fitness.

Namun perlu diingat, sampai saat ini dua baterai tersebut masih dalam tahap prototipe. Dan Huawei belum menyebutkan kapan baterai ini akan tersedia di pasaran.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.