Share Location Dengan Trusted Contacts Pada Android

Google’s Trusted Contacts memungkinkan kamu untuk share location dengan orang yang kamu percaya. Jadi ketika mau sedang berjalan sendirian untuk pulang ke rumah setelah bekerja, atau tersesat di hutan, atau terjebak dalam bencana alam, aplikasi ini dapat membantu kamu (atau orang yang kamu cintai) tetap aman.

Pada dasarnya, inti dari aplikasi ini sederhana: Kamus menambahkan orang yang kamu percaya pada aplikasi ini, kemudian share location kamu dengan mereka kapanpun kamu mau. Kamu juga bisa meminta location mereka. Ini akan bekerja di mana pun kamu berada, bahkan jika ponsel kamu terputus dari internet atau mati, location terakhir kamu tetap bisa di-share.

Pada saat kamu request location contact kamu, mereka perlu approve agar kamu bisa melihat location mereka. Namun jika ia tidak merspon permintaan dalam waktu lima menit, maka secara otomatis akan disetujui.

Satu-satunya downside Trusted Contacts adalah bahwa hanya tersedia untuk Android.

Set up Trusted Contacts

Sett up Trusted Contacts  sangat sederhana. Instal aplikasi tersebut, kemudian klik “Open” untuk membukanya. Kamu harus memberikan izin untuk mengakses lokasi kamu. Lokasi kamu tidak terlihat orang lain sampai kamu sharing , jadi jangan khawatir.

screenshot_20161206-090924

Setelah kamu memberi izin, Kamu bisa mulai memilih kontak yang kamu ingin tambahkan sebagai sumber terpercaya, yaitu yang kamu mau share location.

screenshot_20161206-090943

Lanjutkan dan pilih siapa saja yang kamu ingin, bahkan jika mereka tidak memiliki aplikasi Trusted Contacts , mereka akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa kamu telah menambahkan mereka sebagai Trusted Contacts. Kamu juga akan mendapatkan email agar kamu tahu bahwa kamu telah mengubah daftar Trusted Contacts kamu.

Apa yang Bisa Kamu Lakukan dengan Trusted Contacts

Untuk share location dengan kontak tertentu, tekan pada entri mereka di layar awal aplikasi. Kamu akan mendapatkan dua pilihan di sini: “Ask for contact’s location” dan “Share your location.”

screenshot_20161206-102804

Pilih yang kedua dan kamu akan berbagi location kamu dengan mereka, dan mereka akan mendapatkan email dan pemberitahuan dalam aplikasi.

screenshot_20161206-092406

Demikian pula, jika kamu ingin meminta lokasi kontak, pilih pilihan pertama dari daftar. Dan mereka harus approve permintaan kamu sebagai Trusted Contacts sebelum kamu bisa meminta lokasi mereka.

screenshot_20161206-102953

Ada juga satu fitur yang sangat penting di layar awal Trusted Contacts: Tombol besar berwarna Orange di bagian kanan atas. Pada dasarnya, kamu bisa menganggap ini sebagai tombol”Emergency”. Dengan satu tap, tombol ini  akan mengirim lokasi kamu saat ini ke semua Trusted Contacts kamu

screenshot_20161206-094446

screenshot_20161206-094138

Cara Menghapus Kontak dari Daftar Kamu atau Mengubah Apa yang Di-share

Pertama, tekan tombol tiga titik di sebelah nama kontak, lalu pilih “Settings.”

screenshot_20161206-103133

Ada dua pilihan di sini: “Allow contact to ask for my location and see my activity,” dan “See updates from contact.” Jika kontak belum menambahkan kamu kembali, hanya opsi pertama yang muncul.

screenshot_20161206-103254

Untuk benar-benar menghapus kontak, Pilih kedua pilihan, lalu tap “Update.” Dan kontak tersebut akan menghilang dari daftar kamu.

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.