Cara Mencegah Foto tertentu Untuk Ditampilkan di Gallery atau Google Photos pada Android

Tutorial ini adalah cara untuk mencegah foto tertentu muncul di galeri tanpa perlu untuk men-download third party apps (kecuali file manager, namun kebanyakkan pengguna android sudah memiliki apps ini).

Satu hal lagi yang perlu diingat, jika kamu menggunakan Google Photos, maka pastikan opsi backup and sync telah dinonaktifkan.

Berikut tutorialnya:

1. Buka file manager kamu. Disini saya menggunakan Solid Explorer. Tapi kamu juga bisa menggunakan file manager kamu.

2. Buat folder baru, kemudian namakan sesuai yang kamu mau. Disini saya akan menamakannya “Hidden”. (Jika file yang mau kamu sembunyikan sudah berada dalam folder tertentu yang sudah ada, maka lewati langkah ini)

Screenshot_20170320-183123

Screenshot_20170320-183143

3. Kemudian buka folder baru ini (atau browse ke folder yang sudah kamu buat sebelumnya), kemudian sekali lagi tekan tombol “+” . Kali ini, pilih “New file.” Namakan file baru tersebut sebagai .nomedia dan tekan OK. File ini pada dasarnya memberitahu Gallery agar tidak men-scan folder ini sebagai file media.

Screenshot_20170320-183205

Screenshot_20170320-183220

4. File baru tersebut akan segera hilang. Jika kamu ingin melihat file tersebut, kamu harus mengakses opsi hidden file di file manage. Pada Solid Explorer, opsi hidden file bisa diakses dengan menekan menu tiga tombol di sudut kanan atas, pilih “Folder Options”, lalu centang kotak “Show hidden file”.

5. Jika kamu hanya ingin menyembunyikan folder tententu (seperti “downloads”), maka kamu sudah bisa selesai sampai disini.

6. Namun jika kamu membuat folder khusus dan ingin memindahkan file ke dalamnya, maka disinilah Solid Explorer sangat berguna. Ketika kamu flip smartphone menjadi landscape, maka kamu bisa melihat dua folder sekaligus. Ini sangat memudahkan user untuk cut dan paste file dari satu folder ke folder lain.

7. Pertama, masuk ke folder di mana gambar yang mau kamu sembunyikan berada. Jika kamu mencari gambar-gambar dari kamera, maka masuklah ke DCIM> Camera folder. Tekan dan hold file (atau beberapa file) yang mau kamu pindahkan, lalu pilih “Cut.”

8. Selanjutnya, kamu tinggal paste file tersebut ke dalam folder dengan file .nomedia yang kamu buat sebelumnya. Di Solid Explorer, kamu bisa melakukan ini dengan menekan ikon clipboard di sudut kanan bawah.

Screenshot_20170320-183431

9. Sekarang, kamu perlu me-restart android kamu.

Dan selesai! Sekarang file-file tersebut tidak akan ditampilkan di Gallery atau Google Photos lagi. Dan satu-satunya cara untuk melihat file tersebut adalah dengan masuk kembali ke file manager dan mengakses opsi hidden file .

Balas komentar

Anda harus login terlebih dahulu untuk menambah komentar.